RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :SD/MI
.........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu
:
2x35 menit.`
I.
Standar Kompetensi:
3.
Mengetahui tentang
kualitas air, sumber-sumber air bersih,pemanfaatan
air, pencemaran dan dampaknya
terhadap kehidupan
II.
Kompetensi Dasar
3.2. Menjelaskan tentang ketersediaan
air tanah
III.
Indikator
Menyebutkan manfaat air tanah
IV.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan manfaat air tanah
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius,
menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh
pada aturan sosial, rasa ingin tahu,
nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.
V. Materi Pembelajaran
Air tanah
VI. Metode Pembelajaran
·
Penugasan
·
Diskusi
·
Tanya
Jawab
·
Ceramah
·
Demonstrasi
VII. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1.
Berdoa,
mempersiapkan materi ajar
2.
Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
a.
Menjelaskan
tentang kualitas air,
sumber-sumber air bersih,pemanfaatan air,
pencemaran dan dampaknya terhadap kehidupan
2.
Elaborasi
a. Diskusi kelompok membahas tentang manfaat air tanah
b. Membacakan hasil diskusi di depan kelas
c. Tanya jawab manfaat air tanah
2.
Konfirmasi
a. Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum di ketahui siswa
b. Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan.
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VIII. Sumber/ Bahan Belajar
·
Buku
yang relevan
·
Gambar/
poster
·
Lingkungan
·
Instansi
terkait
·
Audio visual
IX. Penilaian
Teknik : Lisan Tertulis Portopolio
Bentuk Instrumen : Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak bercerita).
Pedoman Penilaian Kepribadian
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
Menyetujui, ............,
.......................20........
Kepala SD/MI................... Guru
Mata Pelajaran
......................................... ...................................................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment