Monday, October 28, 2019

RPP PLH KELAS 6 SMS 1 PERTEMUAN 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah     :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran    :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester   :  6 / 1
Alokasi Waktu    :  2x35 menit.


I.       Standar Kompetensi
2.  Mengenal Keanekaragaman jenis flora dan fauna

II.     Kompetensi Dasar
2.1. Memahami flora yang dilindungi

III.   Indikator
·      Menjelaskan pengertian flora yang dilindungi .
·      Mengklasifikasikan jenis-jenis flora yang dilindungi.
·      Memperagakan hasil karya/ gambar flora yang dilindungi.

IV.   Tujuan Pembelajaran
·      Siswa dapat menjelaskan pengertian flora yang dilindungi .
·      Siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis flora yang dilindungi.
·      Siswa dapat memperagakan hasil karya/ gambar flora yang dilindungi.

v Karakter siswa yang diharapkan   Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.

V.     Materi Pembelajaran
Jenis-jenis flora yang dilindungi


VI.   Metode Pembelajaran
·           Penugasan
·           Diskusi
·           Tanya Jawab
·           Ceramah
·           Demonstrasi

VII.    Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
1.    Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.    Apersepsi

B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    Penjelasan tentang jenis-jenis flora yang dilindungi.
2.  Elaborasi
a.    Tanya jawab
3.    Konfirmasi
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

C.    Kegiatan Akhir
1.    Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.    Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VIII.  Sumber/ Bahan Belajar
·           Buku yang relevan
·           Gambar/ poster
·           Lingkungan
·           Instansi terkait
·           Audio visual

IX. Penilaian
         Teknik                      :  Lisan Tulisan
   Bentuk Instrumen   :  Penilaian lisan.
Penilaian sikap (pengamatan  perilaku).
Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).



        Pedoman Penilaian Kepribadian
  
Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





















        




Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang










   Menyetujui,                                                                                                             ............, .......................20........                                  
    Kepala SD/MI...................                                                                                               Guru Mata Pelajaran


     .........................................                                                                                  ...................................................                
     NIP.                                                                                                                       NIP.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive