RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD/MI .........................
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu
:
2x35 menit.
I.
Standar Kompetensi:
1. Mengenal Keanekaragaman
ekosistem budidaya
II.
Kompetensi Dasar
1.1. Mengenal perikanan
III.
Indikator
·
Menyebutkan manfaat
budidaya ikan.
·
Menyebutkan
jenis-jenis ikan yang
dapat dikonsumsi
IV.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat menyebutkan
manfaat budidaya ikan.
· Siswa dapat menyebutkan
jenis-jenis ikan yang dapat
dikonsumsi
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri,
mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan
sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.
V. Materi Pembelajaran
Manfaat budidaya ikan
VI. Metode Pembelajaran
·
Penugasan
·
Diskusi
·
Tanya
Jawab
·
Ceramah
·
Demonstrasi
VII. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1.
Berdoa,
mempersiapkan materi ajar
2.
Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
a.
Penjelasan
tentang manfaat budidaya ikan
2. Elaborasi
a. Tanya jawab tentang manfaat budidaya ikan
3.
Konfirmasi
a. Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum di ketahui siswa
b. Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan.
C. Kegiatan Akhir
1. Membuat kesimpulan dari materi
yang telah di sampaikan
2. Memberikan penilaian dan
pemberian PR.
VIII. Sumber/ Bahan Belajar
·
Buku
yang relevan
·
Gambar/
poster
·
Lingkungan
·
Instansi
terkait
·
Audio visual
IX. Penilaian
Teknik : Lisan Tulisan
Bentuk Instrumen : Penilaian lisan.
Penilaian sikap
(pengamatan perilaku).
Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak bercerita
Pedoman Penilaian Kepribadian
Nama
Siswa
|
Mandiri
|
Percaya
diri
|
Peduli
lingkungan
|
Bekerjasama
|
||||||||||||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang
Menyetujui, ............,
.......................20........
Kepala SD/MI................... Guru
Mata Pelajaran
......................................... ...................................................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment