Monday, October 28, 2019

RPP PLH KELAS 6 SMS 1 PERTEMUAN 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah     :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran    :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester   :  6 / 1
Alokasi Waktu    :  2x35 menit.



I.       Standar Kompetensi
3.  Mengetahui tentang kualitas air, sumber-sumber air bersih,pemanfaatan air, pencemaran dan dampaknya terhadap kehidupan

II.     Kompetensi Dasar
3.3. Menyebutkan dampak kekurangan air tanah terhadap lingkunngan

III.   Indikator
Menyebutkan dampak kekurangan air tanah terhadap tumbuhan

IV.   Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan dampak kekurangan air tanah terhadap tumbuhan


v Karakter siswa yang diharapkan    Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.



V.     Materi Pembelajaran
Air tanah

VI.   Metode Pembelajaran
·           Penugasan
·           Diskusi
·           Tanya Jawab
·           Ceramah
·           Demonstrasi

VII.    Kegiatan Pembelajaran
A.       Kegiatan Awal
1.    Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.    Apersepsi

B.       Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    menjelaskan tentang dampak kekurangan air tanah
2.   Elaborasi
a.    Tanya jawab tentang manfaat air tanah
b.    Melakukan peninjauan kesumur sekolan
c.     Membuat laporan hasil peninjauan
3.    Konfirmasi
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

C.       Kegiatan Akhir
1.    Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.    Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VIII.  Sumber/ Bahan Belajar
·                Buku yang relevan
·                Gambar/ poster
·                Lingkungan
·                Instansi terkait
·                Audio visual

IX. Penilaian
         Teknik                      :  Lisan Tertulis pengamatan
   Bentuk Instrumen   :  Penilaian lisan.
Penilaian sikap (pengamatan  perilaku).

        Pedoman Penilaian Kepribadian
  
Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





















         Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang


    Menyetujui,                                                                                                            ............, .......................20........                                     
    Kepala SD/MI...................                                                                                               Guru Mata Pelajaran


     .........................................                                                                                  ...................................................                
     NIP.                                                                                                                       NIP.




No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive