Monday, October 28, 2019

RPP PLH KELAS 6 SMS 1 PERTEMUAN 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah     :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran    :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester   :  6 / 1
Alokasi Waktu    :  2x35 menit.



I.       Standar Kompetensi
3.  Mengetahui tentang kualitas air, sumber-sumber air bersih,pemanfaatan air, pencemaran dan dampaknya terhadap kehidupan

II.     Kompetensi Dasar
3.1. Menjelaskan tentang ketersediaan air tanah

III.   Indikator
Menyebutkan cara memanfaatkan air tanah

IV.   Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan cara memanfaatkan air tanah


v Karakter siswa yang diharapkan   Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.



V.     Materi Pembelajaran
Air tanah

VI.   Metode Pembelajaran
·           Penugasan
·           Diskusi
·           Tanya Jawab
·           Ceramah
·           Demonstrasi


VII.    Kegiatan Pembelajaran
A.       Kegiatan Awal
1.    Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.    Apersepsi

B.       Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    Menjelaskan tentang pengertian air tanah
2.  Elaborasi
a.    Melakukan percobaan untuk mengetahui ketersediaan air tanah
b.    Melaporkan hasil diskusi di depan kelas
c.    Tanya jawab tentang sumber-sumber air
3.    Konfirmasi
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.




C.       Kegiatan Akhir
1.    Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.    Memberikan penilaian dan pemberian PR.


VIII.  Sumber/ Bahan Belajar
·           Buku yang relevan
·           Gambar/ poster
·           Lingkungan
·           Instansi terkait
·           Audio visual

IX. Penilaian
         Teknik                      :  Lisan Tertulis Portopolio
   Bentuk Instrumen   :  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).


        Pedoman Penilaian Kepribadian
  
Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





















        

Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang






    Menyetujui,                                                                                                            ............, .......................20........                                  
    Kepala SD/MI...................                                                                                               Guru Mata Pelajaran


     .........................................                                                                                  ...................................................                
     NIP.                                                                                                                       NIP.



No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive