Monday, October 28, 2019

RPP PLH KELAS 6 SMS 1 PERTEMUAN 15

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah     :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran    :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester   :  6 / 1
Alokasi Waktu     : 2x35 menit.



I.       Standar Kompetensi
5.  Mengetahui proses terbentuknya tanah hal-hal yang menurunkan kualitas tanah beserta cara mengatasinya.

II.     Kompetensi Dasar
5.1. Menjelaskan sunber-sumber yang dapat menurunkan kualitas tanah

III.   Indikator
Menjelaskan akibat dari pencemaran bahan kimia terhadap tanah

IV.   Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan akibat dari pencemaran bahan kimia terhadap tanah


v Karakter siswa yang diharapkan    Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.



V.     Materi Pembelajaran
Pencemaran tanah

VI.   Metode Pembelajaran
·           Penugasan
·           Diskusi
·           Tanya Jawab
·           Ceramah
·           Demonstrasi

VII.    Kegiatan Pembelajaran
A.       Kegiatan Awal
1.    Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.    Apersepsi

B.       Kegiatan Inti
1.  Eksplorasi
a.   Menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh bahan-bahan kimia terhadap tanah
2.  Elaborasi
a.    Membandingkan tanah perkebunan yang memakai pupuk kimia dengan tanah perkebunan alami
b.   Membuat kesimpulan dan membacakannya di depan kelas
c.    Tanya jawab tentang tanah
3.    Konfirmasi
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

C.       Kegiatan Akhir
1.      Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.      Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VIII.  Sumber/ Bahan Belajar
·           Buku yang relevan
·           Gambar/ poster
·           Lingkungan
·           Instansi terkait
·           Audio visual

IX. Penilaian
          Teknik                      :   Lisan Tertulis Portopolio
   Bentuk Instrumen   :  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).


        Pedoman Penilaian Kepribadian
  
Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





















         Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang


    Menyetujui,                                                                                                            ............, .......................20........                                     
    Kepala SD/MI...................                                                                                               Guru Mata Pelajaran


     .........................................                                                                                  ...................................................                
     NIP.                                                                                                                       NIP.




No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive