Monday, October 28, 2019

RPP PLH KELAS 6 SMS 1 PERTEMUAN 19

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah     :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran    :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester   :  6 / 1
Alokasi Waktu    :  4 JP



I.       Standar Kompetensi
6.  Mengetahui cara pembuatan kompos

II.     Kompetensi Dasar
6.2. Mendiskripsikan tahap-tahap pembuatan kompos.

III.   Indikator
·           Mengetahui tahap-tahap pembuatan kompos.
·           Membuat kompos dengan sampah yang ada di sekolah dan di rumah.

IV.   Tujuan Pembelajaran
·           Siswa dapat mengetahui tahap-tahap pembuatan kompos.
·           Siswa dapat membuat kompos dengan sampah yang ada di sekolah dan di rumah.


v Karakter siswa yang diharapkan    Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.

V.     Materi Pembelajaran
Sampah

VI.   Metode Pembelajaran
·           Penugasan
·           Diskusi
·           Tanya Jawab
·           Ceramah
·           Demonstrasi


VII.    Kegiatan Pembelajaran
A.       Kegiatan Awal
1.    Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.    Apersepsi

B.       Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    Menjelaskan tahap-tahap pembuatan kompos.
2.  Elaborasi
a.    Keluar ruangan kelas dan mengambil semua sampah yang ada di lingkungan sekolah.
b.   Mengelompokkan sampah- sampah tersebut
3.    Konfirmasi
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

C.       Kegiatan Akhir
1.    Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.    Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VIII.  Sumber/ Bahan Belajar
·         Sampah yang dibawa dari rumah masing-masing.
·         Tong sampah


IX.   Penilaian
         Teknik                      :  Lisan -.Penilaian Produk
   Bentuk Instrumen   :  Penilaian lisan.
Penilaian sikap (pengamatan  perilaku).



        Pedoman Penilaian Kepribadian
  
Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





















         Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang


    Menyetujui,                                                                                                            ............, .......................20........                                     
    Kepala SD/MI...................                                                                                               Guru Mata Pelajaran


     .........................................                                                                                  ...................................................                
     NIP.                                                                                                                       NIP.





No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive