Monday, October 28, 2019

RPP PLH KELAS 6 SMS 1 PERTEMUAN 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah     :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran    :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester   :  6 / 1
Alokasi Waktu     :  2x35 menit.`



I.       Standar Kompetensi
4.  Memahami pencemaran udara dan dampaknya bagi kesehatan maupun lingkungan serta upaya mengatasi pencemaran udara.

II.     Kompetensi Dasar
4.2. Menjelaskan sebab-sebab terjadinya pencemaran udara

III.   Indikator
Menyebutkan tiga perusahaan besar yang menjadi penyebab udara tercemar

IV.   Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan tiga perusahaan besar yang menjadi penyebab udara tercemar


v Karakter siswa yang diharapkan    Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkungan.



V.     Materi Pembelajaran
Pencemaran udara

VI.   Metode Pembelajaran
·           Penugasan
·           Diskusi
·           Tanya Jawab
·           Ceramah
·           Demonstrasi


VII.    Kegiatan Pembelajaran
A.       Kegiatan Awal
1.    Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.    Apersepsi

B.       Kegiatan Inti
1.  Eksplorasi
a.  Memahami pencemaran udara dan dampaknya bagi kesehatan maupun lingkungan serta upaya mengatasi
2.  Elaborasi
a.    Tanya jawab tentang penyebab udara tercemar
b.   Diskusi kelompok
c.    Melaporkan hasil diskusi di depan kelas
3.    Konfirmasi
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.




C.       Kegiatan Akhir
1.    Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.    Memberikan penilaian dan pemberian PR.


VIII.  Sumber/ Bahan Belajar
·           Buku yang relevan
·           Gambar/ poster
·           Lingkungan
·           Instansi terkait
·           Audio visual

IX. Penilaian
         Teknik                      :  Lisan Tertulis Portopolio
   Bentuk Instrumen   :  Penilaian lisan.


        Pedoman Penilaian Kepribadian
  
Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





















       


 Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang










    Menyetujui,                                                                                                            ............, .......................20........                                     
    Kepala SD/MI...................                                                                                               Guru Mata Pelajaran


     .........................................                                                                                  ...................................................                
     NIP.                                                                                                                       NIP.


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive