Monday, October 28, 2019

RPP PLH KELAS 6 SMS 1 PERTEMUAN 20

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah     :  SD/MI .........................
Mata Pelajaran    :  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
Kelas/ Semester   :  6 / 1
Alokasi Waktu    :  4 JP



I.       Standar Kompetensi
6.  Mengetahui cara pembuatan kompos

II.     Kompetensi Dasar
6.3. Mendefinisikan manfaat kompos bagi tumbuhan.

III.   Indikator
·           Menyebutkan manfaat kompos bagi tumbuhan.
·           Memanfaatkan kompos sebagai pupuk tanaman di sekolah dan di rumah.

IV.   Tujuan Pembelajaran
·           Siswa dapat menyebutkan manfaat kompos bagi tumbuhan.
·           Siswa dapat memanfaatkan kompos sebagai pupuk tanaman di sekolah dan di rumah


v Karakter siswa yang diharapkan    Religius, menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada   aturan sosial, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai karya orang lain dan peduli lingkunga.
V.     Materi Pembelajaran
Sampah

VI.   Metode Pembelajaran
·           Penugasan
·           Diskusi
·           Tanya Jawab
·           Ceramah
·           Demonstrasi


VII.    Kegiatan Pembelajaran
A.       Kegiatan Awal
1.    Berdoa, mempersiapkan materi ajar
2.    Apersepsi

B.       Kegiatan Inti
1.  Eksplorasi
a. Menjelaskan manfaat kompos bagi tumbuhan.
2.  Elaborasi
a.    Diskusi kelompok membahas tentang manfaat kompos bagi tumbuhan.
b.    Melaporkan hasil kerja
3.    Konfirmasi
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

C.       Kegiatan Akhir
1.    Membuat kesimpulan dari materi yang telah di sampaikan
2.    Memberikan penilaian dan pemberian PR.

VIII.  Sumber/ Bahan Belajar
Buku yang berkaitan dengan materi


IX.    Penilaian
         Teknik                      :    Lisan Pengamatan Tertuli
         Bentuk Instrumen   :  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).


        Pedoman Penilaian Kepribadian

Nama  Siswa
Mandiri
Percaya diri
Peduli lingkungan
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
1.




















2.




















3.




















4.




















5.





















         Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang







    Menyetujui,                                                                       ............, .......................20........                                     
    Kepala SD/MI...................                                                        Guru Mata Pelajaran


     .........................................                                       ...................................................                
     NIP.                                                                                      NIP.


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive