A. Judul Bermain dan
Permainan Anak
”Mengenal
Macam Warna”
Dalam hal mengenal warna pada anak
usia dini sangatlah perlu, terutama dalam bidang pengembangan seni. Adapun cara
penyampaiannya pada anak usia dini berbeda-beda. Di sini saya sebagai
pembimbing dalam hal mengenalkan warna pada anak usia dini mencoba dengan cara
sambil bermain, agar anak tidak bosan dan jenuh.
Disini anak-anak disuruh membentuk lingkaran, setelah semuanya rapi lalu
pembimbing membagikan kertas warna yang warnanya berbeda-beda. Kemudian
pembimbing mengenalkan warna yang dipegang masing-masing anak, sambil
menerangkan cara bermain yang akan dipraktekkan.
Pada saat bermain posisi lingkaran boleh berubah dengan cara berjalan
berkeliling sambil bernyanyi. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang hingga
warna yang dipegang anak dan disebutkan pembimbing habis. Permainan ini
dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan. Tempat dan waktu bermain dalam
permainan ini, dapat dilakukan di lapangan, di halaman ataupun kelas yang luas,
waktunya sekitar 20-30 menit.
B. Cara Bermain
1) mempersiapkan tempat
2) mempersiapkan alat permainan
3) mempersiapkan pemain
4) mengatur posisi pemain
C. Aturan Bermain
Pertama, guru membimbing anak untuk membuat lingkaran dengan cara
berpegangan tangan dengan teman. Setelah rapi anak-anak diperintahkan untuk
melepaskan tangannya dengan tidak mengubah posisi lingkaran
Kedua, guru/pembimbing membagikan kertas warna yang warnanya berbeda-beda
sebagai alat untuk mengenalkan warna dalam permainan ini. Kemudian
guru/pembimbing menyebutkan warna yang sudah dipegang masing-masing anak sambil
menjelaskan cara permainan yang akan dipraktekkan.
Setelah mengerti semuanya, barulah permainan ini dimulai dengan cara posisi
lingkaran tadi dapat berubah dengan cara berjalan berkeliling sambil bernyanyi
lagu yang sudah dikenal anak. Setelah lagunya selesai barulah guru/pembimbing
menyebutkan salah satu warna yang dipegang oleh anak untuk
ditunjukkan/diperlihatkan, jika salah anak tersebut mendapat hukuman dalam
permainan ini. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang hingga warna yang dipegang
oleh anak lalu disebutkan oleh guru/pembimbing habis, barulah permainan ini
dianggap selesai.
D. Alat Bermain
Alat bermain yang digunakan dalam permainan ini diantaranya : kertas warna
atau benda yang mengandung unsur warna.
E. Praktek Bermain ”Mengenal Macam Warna”
F. Manfaat Bermain
”Mengenal Macam Warna”
Dapat mengembangkan aspek dan kemampuan :
1) Moral dan nilai agama
-
Membedakan
ciptaan Tuhan dan manusia
-
Menghargai
teman
2) Sosial-emosional
-
Mau
bermain bersama
-
Menunjukkan
ekspresi wajar saat senang dan takut
-
Mengerti
aturan main dalam bermain bersama
-
Mengerti
akibat melanggar aturan
-
Bisa
memimpin kelompok
-
Dapat
memecahkan masalah sederhana
3) Bahasa
-
Berbicara
lancar dengan menggunakan kalimat kompleks, meniru/menyebutkan warna
-
Mengerti
dan dapat melaksanakan lebih dari 3 perintah
-
Memperkaya
kosa kata
4) Kognitif
-
Mengenal
dan membedakan macam warna
5) Fisik
-
Berbaris
membentuk lingkaran
-
Berjalan
berkeliling sambil menggerakkan tangan (tepuk tangan)
-
Berjalan
berbalik arah
6) Seni
-
Dapat
menyanyikan lagu yang diperintahkan
-
Menyenangi
salah satu warna yang ada
G. Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dan melalui praktek langsung, penulis dapat
mengambil kesimpulan bahwa dalam pembelajaran pada anak usia dini khususnya
dalam memperkenalkan warna dapat melalui dengan cara bermain dan permainan,
agar anak lebih mudah menerima/mengerti dan tidak cepat jenuh. Serta dapat
mengembangkan beberapa aspek pengembangan dan kemampuan pada anak usia dini.
No comments:
Post a Comment