Saturday, June 10, 2017

Tujuan Tari Pada Anak TK


Keterampilan gerak tari bukanlah tujuan utama namun pengembangan berbagai aspek kreativitas pada diri siswa merupakan orientasi yang dilaksanakan dalam proses pembelajarannya. Tujuan utama dari tari adalah membantu menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan siswa melalui tari untuk menemukan hubungan antara tubuhnya dengan seluruh eksistensinya.
Pendidikan seni tari memiliki peranan untuk menanamkan nilai-nilai kepada peserta didik. Seni tari pada lingkungan sekolah membantu anak untuk berekspresi secara bebas. Dengan kata lain menurut Rohendi (2000:33) “seni sebagai media dalam pendidikan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik”. Melalui pendidikan seni tari, potensi yang dimiliki siswa sejak lahir untuk bergerak secara bebas dapat dikembangkan secara optimal. Dalam kegiatan pengajaran interaksi edukatif harus diciptakan oleh seorang pengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam pendidikan seni tari, perilaku motorik terbagi atas:
  1. Motor control : teori gerak tentang faktor-faktor fungsi syaraf yang mempengaruhi.
  2. Motor learning : belajar gerak mengenai proses keterlibatan dalam memperoleh dan menyempurnakan keterampilan gerak. Tahapan motor learning:
a.       Verbal kognitif, proses membuat keputusan lebih menonjol
b.      Pemaknaan gerak agar lebih terampil
c.       Otomatisasi, memperhalus gerakan agar performance terpadu

  1. Motor Development: perubahan dalam perilaku yang merefleksikan interaksi dari kematangan organisme dan lingkungan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive