Thursday, June 1, 2017

Definisi Pendidikan Agama Islam


Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang Pendidikan Agama Islam, penulis mengungkapkan apa itu pendidikan.
Pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Sedangkan menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 Bab I pasal II Pendidikan, adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara (Diknas, 2003 : 4).

Pendidikan sebagai proses timbal balik dari tiap pribadi manusia dalam penyesuaian dirinya dengan alam, dengan teman, dan alam semesta. Pendidikan merupakan pula perkembangan yang terorganisasi dan kelengkapan dari semua potensi-potensi manusia, moral, intelektual dan jasmani (fisik), oleh dan untuk kepribadian individunya dan kegunaan masyarakatnya yang diharapkan demi menghimpun semua aktivitas tersebut bagi tujuan hidupnya (tujuan akhir) (Zuhaerini, 1995: 150).
Lebih jauh Moh. Surya (199 : 4) mendefinisikan Pendidikan sebagai suatu proses pertumbuhan dan perkembangan. Dalam rangka sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungannya, baik lingkungan fisik maupun sosial, sejak lahir sampai sepanjang hidup itu sendiri, dimana warisan sosial sebagai salah satu bagian daripada lingkungan sosial menjadi suatu alat yang akan memajukan kesejahteraan umat manusia.
Menurut Dictionary of Education : pendidikan diartikan :
  1. Serangkaian proses dengannya seseorang/anak mengembangkan kemampuan, sikap dan bentuk-bentuk tingkah laku lainnya yang bernilai/berguna di masyarakat.
  2. Proses sosial di mana orang-orang atau anak-anak dipengaruhi dengan lingkungan yang (sengaja) dipilih dan dikendalikan (misalnya oleh guru di sekolah) sehingga mereka memperoleh kemampuan-kemampuan sosial dan perkembangan individu yang optimal. (Alisuf Sabri, 1999 : 4)
Dari pengertian-pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Pendidikan itu adalah proses dari seseorang dalam menyesuaikan dirinya (interaksi) dengan lingkungannya, masyarakat dan harus mengerti bagaimana memajukan kesejahteraan umat manusia.
Bila pengertian di atas dihubungkan dengan pengertian Pendidikan Islam maka kualifikasi Islam untuk pendidikan yang dimaksud sebagai hasil pendidikan Islam adalah kepribadian muslim, dan kemajuan masyarakat dan budaya adalah yang tidak menyimpang dari ajaran Islam.
Pendidikan Islam sebagai suatu istilah terdiri dari dua kata yang berkaitan yaitu kata “pendidikan” dan kata “Islam”. Dalam hal ini kata Islam merupakan norma / nilai atau ajaran yang menjadi dasar atau sifat pendidikan yang dilaksanakan. Dengan kata lain, pendidikan Islam adalah pendidikan berdasarkan ajaran Islam atau pendidikan dalam Islam (Ibid, 1999 : 100)
Pendidikan Islam adalah usaha yang diarahkan kepada pembentukan kepribadian anak yang sesuai dengan ajaran Islam, memikir, merumuskan dan berbuat berdasarkan nilai-nilai Islam, serta bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Islam. (Zuhraeini, 1995 : 152)
Ariefin (2004 : 152) memberikan pengertian tentang Pendidikan Islam adalah sebagai proses mengarahkan dan membimbing manusia dididik ke arah pendewasaan pribadi yang beriman dan berilmu pengetahuan yang saling memperkokoh dalam perkembangan mencapai titik optimal kemampuannya.
Pengertian yang lain dari Pendidikan Islam adalah pembentukan kepribadian, pendidikan Islam ini lebih banyak ditujukan kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan sesuai dengan petunjuk ajaran Islam; karena itu pendidikan Islam tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga bersifat praktis atau pendidikan Islam adalah sekaligus pendidikan Iman dan pendidikan amal. (Alisuf Sabri, 1999 : 101)

Dengan melihat Pengertian Pendidikan Islam di atas maka dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Islam adalah suatu proses atau usaha pembentukan kepribadian seseorang yang berdasarkan nilai-nilai Islam dan menjadi orang yang bertanggung jawab diri dan masyarakat.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive