Sunday, June 11, 2017

Keterampilan Berbahasa dalam hal “Berbicara”

Pengertian Keterampilan Berbahasa dalam hal “Berbicara”
            Penulis mempunyai pengertian, bahwa : keterampilan berbahasa dalam hal berbicara pada anak usia dini atau TK, adalah : merupakan suatu kemampuan anak dalam menyampaikan keinginan, pengalaman atau kejadian secara sederhana melalui lisan atau ucapan kepada orang lain.
            Dalam hal berbicara pada anak usia dini, mempunyai sasaran agar anak dapat berkomunikasi berbicara secara lisan, memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari. Yang meliputi : kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan waktu.

II.2 Program Aspek Keterampilan Berbahasa Dalam ”Berbicara” Pada Anak Usia Dini

1.      Nama                     : Tania
Umur                     : 5 tahun
Kelebihan              : sudah dapat menyebutkan nama diri, nama orang tua,
  alamat rumah secara sederhana.
Kekurangan           : masih malu-malu dalam menceritakan pengalaman sendiri
  di depan teman-temannya.
Solusi                    : didampingi dan dituntun secara perlahan supaya anak
  mempunyai rasa percaya diri, sewaktu di depan temannya.
2.      Nama                     : Ryadh
Umur                     : 5 tahun
Kelebihan              : sudah dapat menyebutkan nama diri, alamat rumah,
  berbicara secara sederhana.
Kekurangan           : kadang kalau sedang bicara masih teriak-teriak.
Solusi                    : diberi pengertian dengan bahasa yang dimengerti anak.
2
 
 


3.      Nama                     : Salma
Umur                     : 5 tahun
Kelebihan              : berbicara lancar, dapat bercerita tentang kejadian di
  sekitarnya.
Kekurangan           : masih kurang percaya diri dalam menjawab kalau diberi
  pertanyaan sederhana.
Solusi                    : diberi semangat dan diarahkan walaupun jawaban tersebut
  salah.
4.      Nama                     : Bima
Umur                     : 5 tahun
Kelebihan              : sudah dapat menyebut nama sendiri.
Kekurangan           : masih malu kalau disuruh cerita di depan temannya.
Solusi                    : didampingi dulu, diberi semangat supaya anak berani  
  tampil di depan temannya.
5.      Nama                     : Haifa
Umur                     : 5 tahun
Kelebihan              : sudah dapat menyebutkan nama sendiri, nama orang tua,
  bercerita secara sederhana.
Kekurangan           : masih malu-malu dalam menjawab pertanyaan sederhana.
Solusi                    : pendekatan, memberi semangat serta mengarahkan 
  jawaban anak, walaupun jawabannya salah.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive