Karakteristik gerak pada anak TK umumnya mereka dapat melakukan dengan
berbagai kegiatan-kegiatan pergerakan menirukan. Apabila seorang guru dapat
menunjukkan kepada anak didik suatu action
yang dapat diamati (observable), maka
anak akan mulai membuat tiruan action
tersebut sampai pada tingkat otot-ototnya dan dituntut oleh dorongan kata hati
untuk menirukannya.
Kemampuan anak-anak dalam masa pertumbuhan selalu bergerak. Sejalan
dengan perkembangan fisik serta mental anak, kegiatan gerak yang dilakukan
mereka sangat bervariasi dan atraktif, biasanya gerak yang mereka lakukan
berkenaan dengan dunia permainan. Dalam bermain anak-anak melakukan gerak
kreatif dengan mengungkapkan berbagai ekspresi melalui simbol gerak.
Pengekspresian simbol gerak berhubungan dengan penggunaan tubuh, ikiran, dan
jiwa (rasa) yang tergabung dalam ekspresi nonfungsional dan komunikasi diri.
Bahwa dalam perkembangan umumnya anak TK dapat melakukan
kegiatan-kegiatan bergerak sebagai berikut :
a.
Menirukan, seperti yang telah penulis ungkapkan
sebelumnya dalam upaya pengembangan kreativitas tari bahwa dalam bermain anak
senang menirukan sesuatu yang dilihat. Anak dapat menirukan gerakan-gerakan
yang dilihat baik dari televisi ataupun gerakan-gerakan yang secara langsung
dilakukan oleh orang lain, berdasarkan tema maupun gerakan-gerakan binatang
yang diamati.
b.
Manipulasi, dalam kegiatan ini anak-anak secara spontan
menampilkan berbagai gerak-gerak dari obyek yang diamatinya. Namun dalam
pengamatan dari obyek tersebut anak akan menampilkan sebuah gerakan yang hanya
disukainya.
Menurut Kamtini dan Tanjung (2005:10) dalam bukunya yang berjudul Bermain
Melalui Gerak dan Lagu di TK bahwa secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa
karakteristik gerak fisik anak TK adalah :
1.
bersifat sederhana,
2.
bersifat maknawi dan bertema, artinya tiap gerak
mengandung tema tertentu,
3.
gerak anak menirukan gerak keseharian orang tua dan
juga orang-orang yang berada di sekitarnya,
4.
anak juga menirukan gerak-gerak binatang.
Seorang guru TK dalam menata sebuah tari-tarian bagi anak TK harus
memperhatikan dua hal yaitu, harus memperhatikan bagian-bagian tubuh yang dapat
dilatih dari karakteristik atau ciri-ciri gerak anak.
2. Karakteristik
Tari Anak TK
Menurut Desfina (2005:25) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk
dapat memberikan tari yang sesuai dengan karakteristik anak TK yaitu ada
beberapa butir yang harus diketahui antara lain :
- Tema
Bahwa pada umumnya anak-anak selalu menyenangi apa yang pernah dia lihat.
Dari apa yang dilihatnya secara tidak disadari atau disadari dengan spontan.
Anak akan menirukan gerak-gerak yang sesuai dengan apa yang pernah dilihatnya.
Dari gerak-gerak yang pernah dilihat dan diamati oleh anak maka dapat
dijadikan suatu tema. Tema-tema yang pada umumnya disenangi oleh anak-anak TK
diantaranya adalah tingkah laku binatang seperti : kucing, anjing, burung,
kupu-kupu, bebek dan lain-lain. Anak juga menirukan tingkah laku manusia
seperti : ayah, ibu, dokter, insinyur dan lain-lain.
- Bentuk
Gerak
Bentuk gerak yang sesuai dengan karakteristik tari anak-anak, pada
umumnya gerak-gerak yang dilakukannya tidaklah terlalu sulit dan sangat
sederhana sekali. Mengingat pada dasarnya imajinasi anak TK tinggi dan
mempunyai daya kreativitas yang tinggi pula. Dan bentuk-bentuk gerak yang biasa
dilakukan adalah bentuk gerak-gerak yang lincah, cepat dan seakan menggambarkan
kegembiraannya.
- Bentuk
Iringan
Dilihat dari karakteristik anak yang senang bergerak dengan gembira, anak
TK biasanya menyenangi musik iringan yang menggambarkan kesenangan dan
kegembiraan. Terutama lagu-lagu anak yang mudah diingat, misalnya: lagu
kelinciku, kebunku, kupu-kupuku dan lain-lain.
- Jenis
Tari
Apabila suatu karya cipta gerak tari sudah tersusun dan menjadi satu
kesatuan tari anak, maka dibentuklah menjadi satu bentuk tari dan sebuah jenis
tari yang sesuai dengan karakteristik dan sifat anak TK yang memiliki sifat
kegembiraan atau kesenangan, geraknya yang lincah dan sederhana, dan iringan
musiknya pun mudah dipahami oleh anak.
No comments:
Post a Comment