Belajar dan mengajar merupakan konsep yang tidak bisa
dipisahkan. Belajar merujuk pada apa yang harus dilakukan seseorang sebagai
subyek dalam belajar. Sedangkan mengajar merujuk pada apa yang seharusnya
dilakukan seseorang guru sebagai pengajar.
Dua konsep belajar mengajar yang dilakukan oleh peserta
didik dan guru terpadu dalam satu kegiatan. Diantara keduannya itu terjadi
interaksi dengan guru. Kemampuan yang dimiliki peserta didik dari proses
belajar mengajar saja harus bisa mendapatkan hasil bisa juga melalui
kreatifitas seseorang itu tanpa adanya intervensi orang lain sebagai pengajar.
Oleh karena itu hasil belajar yang dimaksud
disini adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki seorang peserta didik setelah
ia menerima perlakukan dari pengajar (guru), seperti yang dikemukakan
oleh Sudjana.
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta
didik setelah menerima pengalaman belajarnya (Sudjana, 2004 : 22). Sedangkan
menurut Horwart Kingsley dalam bukunya Sudjana membagi tiga macam hasil belajar
mengajar : (1). Keterampilan dan kebiasaan, (2). Pengetahuan dan pengarahan,
(3). Sikap dan cita-cita (Sudjana, 2004 : 22).
Menurut Hamalik (2002:155) hasil belajar tampak sebagai terjadinya perubahantingkah laku pada diri peserta didik, yang dapat diamati dan diukur
dalam perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Perubahan dapat diartikan terjadinya
peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya,
misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, sikap tidak sopan menjadi sopan dan sebagainya. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2002:4-5)
dampak pembelajaran adalah hasil yang dapat diukur seperti tertuang dalam
raport, angka dalam ijazah atau kemampuan meloncat setelah latihan. Hasil
belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak dari suatu interaksi dalam proses
pembelajaran.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar adalah kemampuan keterampilan, sikap dan keterampilan yang diperoleh peserta
didik setelah ia menerima perlakuan yang diberikan oleh guru sehingga dapat
mengkonstruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari.
Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
No comments:
Post a Comment