Blog ini berisi tulisan yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti makalah, artikel, RPP, soal ulangan, puisi, cerita pendek (Cerpen) dan lain-lain. Materi dapat digunakan dari mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai perguruan tinggi (seperti jurusan akuntansi, teknik, komputer, manajemen, kedokteran, filsafat, teologi,geografi, ekonomi, teknologi industri pertanian)
Saturday, July 8, 2017
Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi Dalam Seluruh Mata Pelajaran
Yang dimaksud dengan pendidikan kewirausahaan terintegrasi di dalam proses
pembelajaran adalah penginternalisasian nilai-nilai kewirausahaan ke dalam
pembelajaran sehingga hasilnya diperolehnya kesadaran akan pentingnya nilai-nilai,
terbentuknya karakter wirausaha dan pembiasaan nilai-nilai kewirausahaan ke
dalam tingkah laku peserta didik sehari-hari melalui proses pembelajaran baik yang
berlangsung di dalam maupun di luar kelas pada semua mata pelajaran. Pada
dasarnya kegiatan pembelajaran, selain untuk menjadikan peserta didik menguasai
kompetensi (materi) yang ditargetkan, juga dirancang dan dilakukan untuk
menjadikan peserta didik mengenal, menyadari/peduli, dan menginternalisasi nilainilai
kewirausahaan dan menjadikannya perilaku. Langkah ini dilakukan dengan
cara mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan ke dalam pembelajaran di seluruh
mata pelajaran yang ada di sekolah. Langkah pengintegrasian ini bisa dilakukan
pada saat menyampaikan materi, melalui metode pembelajaran maupun melalui
sistem penilaian.
Dalam pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan ada banyak nilai yang dapat
ditanamkan pada peserta didik. Apabila semua nilai-nilai kewirausahaan tersebut
harus ditanamkan dengan intensitas yang sama pada semua mata pelajaran, maka
penanaman nilai tersebut menjadi sangat berat. Oleh karena itu penanaman nilainilai
kewirausahaan dilakukan secara bertahap dengan cara memilih sejumlah nilai
pokok sebagai pangkal tolak bagi penanaman nilai-nilai lainnya. Selanjutnya nilainilai
pokok tersebut diintegrasikan pada semua mata pelajaran. Dengan demikian
setiap mata pelajaran memfokuskan pada penanaman nilai-nilai pokok tertentu
yang paling dekat dengan karakteristik mata pelajaran yang bersangkutan. Nilainilai
pokok kewirausahaan yang diintegrasikan ke semua mata pelajaran pada
langkah awal ada 6 nilai pokok yaitu: mandiri,kreatif pengambil resiko,
kepemimpinan, orientasi pada tindakan dan kerja keras.
Integrasi pendidikan kewirausahaan secara terintegrasi di dalam mata pelajaran
dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran pada semua mata pelajaran. Pada tahap perencanaan ini silabus dan
RPP dirancang agar muatan maupun kegiatan pembelajarannya memfasilitasi untuk
mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan. Cara menyusun silabus yang
terintegrsi nilai-nilai kewirausahaan dilakukan dengan mengadaptasi silabus yang
telah ada dengan menambahkan satu kolom dalam silabus untuk mewadahi nilainilai
kewirausahaan yang akan diintegrasikan. Edangkan cara menyususn RPP yang
terintegrasi dengan nilai-nilai kewirausahaan dilakukan dengan cara mengadaptasi
RPP yang sudah ada dengan menambahkan pana materi, langkah-langkah
pembelajaran atau penilaian dengan nilai-nilai kewirausahaan. Prinsip
pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan
mengusahakan agar peserta didik mengenal dan menerima nilai-nilai
kewirausahaan sebagai milik mereka dan bertanggung jawab atas keputusan yang
diambilnya melalui tahapan mengenal pilihan, menilai pilihan, menentukan
pendirian, dan selanjutnya menjadikan suatu nilai sesuai dengan keyakinan diri.
Dengan prinsip ini peserta didik belajar melalui proses berpikir, bersikap, dan
berbuat. Ketiga proses ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan
peserta didik dalam melakukan kegiatan yang terkait dengan nilai-nilai
kewirausahaan. Pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan dalam silabus dan RPP
dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut:
a. Mengkaji SK dan KD untuk menentukan apakah nilai-nilai kewirausahaan
sudah tercakup didalamnya.
b. Mencantumkan nilai-nilai kewirausahaan yang sudah tercantum di dalam SK
dan KD kedalam silabus.
c. Mengembangkan langkah pembelajaran peserta didik aktif yang
memungkinkan peserta didik memiliki kesempatan melakukan integrasi nilai
dan menunjukkannya dalam perilaku.
d. Memasukan langkah pembelajaran aktif yang terintegrasi nilai-nilai
kewirausahaan ke dalam RPP
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Simbol Bilangan atau Angka
a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...
-
Patukangan teh nyaeta anu boga pagawean atawa anu purah migawe hiji pagawean . Istilah dina bahasa sunda diantarana : Anjun : tukang ...
-
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Hari/Tgl : ...................................... Kelas/Semester ...
-
Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban yang paling benar. 1.Di desamu ada gunung berapi , setiap saat bisa meletus,kita harus memiliki...
Blog Archive
-
▼
2017
(1658)
-
▼
July
(31)
- Perumusan Strategi
- Prinsip Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK)
- Implementasi atau Hubungan antara Bermain Kartu Bi...
- Ciri Utama Bermain
- Bermain harus sesuai dengan tahapan usia anak
- Pentingnya Bermain Untuk Anak Usia Dini
- Teori Bermain
- Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi Dalam Seluru...
- Ekonomi Kreatif
- Pendidikan Kewirausahaan di Lingkungan Sekolah
- Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah
- Hasil Belajar
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
- Makalah Ilmu Politik
- MIRROR GHOST
- Materi Baris Berbaris
- Manajemen Pengelolaan PAUD
- Konsep Motivasi Pada Pembelajaran Matematika di Se...
- MAKALAH CARA-CARA MEMBANGKITKAN MOTIVASI DAN MINAT...
- Strategi Visual Untuk Peningkatan Komunikasi dan A...
- Usaha Bapak/Ibu guru agar jabatan profesional guru...
- PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJA...
- FILM KARTUN BAGI ANAK USIA DINI
- BULAN PURNAMA
- BUDAYA INDONESIA
- PENDIDIKAN, ANTARA PELESTARIAN NILAI DAN PERUBAHAN...
- PENGEMBANGAN NILAI UNTUK PENDIDIKAN MANUSIA SEUTU...
- Makalah tentang ASEAN
- Makalah Tentang Permainan Tradisional
- Makalah Tentang HAM
- PENGERTIAN, TUJUAN DAN MANFAAT SAINS
-
▼
July
(31)
No comments:
Post a Comment