1.
Pengertian Sains Untuk Anak Usia Dini
Sains pada anak-anak usia dini dapat
diartikan sebagai hal-hal yang menstimulus mereka untuk meningkatkan rasa ingin
tahu, minat dan pemecahan masalah, sehingga memunculkan pemikiran dan perbuatan
seperti mengobservasi, berpikir, dan mengaitkan antar konsep atau peristiwa. Sains
adalah Aktifitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang
dimotivasikan oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan.
Untuk memahami alam tersebut, serta keingian memanipulasi alam dalam rangka
meluaskan keinginan atau kebutuhannya.
2.
Tujuan Sains Untuk Anak Usia Dini
tujuan
pembelajaran sains bagi anak usia dini adalah sebagai berikut :
1.
Agar anak-anak
memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya melalui penggunaan
metode sains, sehingga anak-anak terbantu dan menjadi terampil dalam
menyelesaikan berbagai hal yang dihadapinya.
2.
Agar anak
memiliki sikap ilmiah. Hal-hal yang mendasar, misalnya : tidak cepat-cepat
dalam mengambil keputusan, dapat melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang,
berhati-hati terhadap informasi yang diterimanya serta bersifat terbuka.
3.
Agar anak-anak
mendapatkan penngetahuan dan informasi ilmiah yang lebih baik dan
dapat dipercaya, artinya informasi yang diperoleh anak berdasarkan pada standar
keilmuan yang semestinya, karena informasi yang disajikan merupakan hasil
temuan dan rumusan yang obyektif serta sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan
yang menaunginya.
4.
Agar anak lebih
berminat dan tertarik untuk menghayati sains yang berada dan ditemukan di
lingkungan dan alam sekitarnya.
3.
Manfaat Sains Untuk Anak Usia Dini
1)
Eksplorasi dan
investigasi, yaitu kegiatan untuk mengamati dan menyelidiki objek serta fenomena
alam.
2)
Mengembangkan
ketrampilan proses sains dasar, seperti melakukan pengamatan, mengukur,
mengkomunikasikan hasil pengamatan, dan sebagainya.
3)
Mengembangkan
rasa ingin tahu, rasa senang dan mau melakukan kegiatan inkuiri atau penemuan.
4)
Memahami pengetahuan
tentang berbagai benda baik ciri, struktur maupun fungsinya.
5)
Lebih mudah
diterima oleh anak
6)
Lebih bermakna
oleh anak
7)
Lebih untuk
diterima oleh anak
8)
Lebih melekat
pada perilaku anak
9)
Mengurangi
verbalisme (menghindari untuk banyak menjelaskan secara lisan)
10)
Lebih mudah
diterapkan oleh anak
11)
Anak lebih
menghargai kemampuan yang diperolehnya
12)
Anak lebih
percaya diri
13)
Anak lebih
bangga dalam kemampuan yang diperolehnya
14)
Kemampuan yang
diperoleh lebih permanen dan secara khusus
Makalh tujuan pembelajaran sains bagi anak
ReplyDeleteterima kasih atas masukannya
ReplyDelete