Tuesday, July 18, 2017

Teori Bermain


               Bermain dan anak merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Aktivitas bermain dilakukan anak dan aktivitas anak selalu menunjukkan kegiatan bermain. Bermain dan anak sangat erat kaitannya. Oleh karena itu, salah satu prinsip pembelajaran di pendidikan anak usia dini adalah bermain dan belajar. Adapun beberapa macam teori bermain menurut para ilmuwan adalah sebagai berikut : Teori-teori bermain banyak dikemukakan oleh para ilmuwan, seperti :
1). Teori rekreasi
   Teori ini berasal dari Schaller dan Lazarus ilmuwan dari Jerman yang berpendapat bahwa permainan merupakan kesikuan untuk menenangkan pikiran         atau     beristirahat.
2). Teori penglepasan
   Teori ini berasal dari Herbert Spencer ahli piker dari Inggris, mengatakan bahwa dalam diri anak terdapat kelebihan tenaga. Sewajarnya ia harus mempergunakan tenaga itu melalui kegiatan bermain.
         3). Teori atavistis
   Teori ini berasal dari Stanley Hall ahli psikologi dari Amerika, berpendapat bahwa di dalam perkembangan anak adalah melalui seluruh taraf kehidupan umat manusia sebelumnya. Atavistis artinya kembali kepada sifat-sifat nenek moyang di masa lalu.

         4). Teori biologis
   Teori ini berasal dari Karl Gross dari Jerman yang mengatakan bahwa permainan merupakan tugas biologis(hidup atau hayat).
         5). Teori Psikologi dalam

   Teori ini berasal dari Sigmund freud dan Adler. Menurut Freud, permainan merupakan pernyataan nafsu-nafsu yang terdapat di daerah bawah sadar, sumbernya berasal dari dorongan nafsu seksual. Menurut Fauzan, M. (2002 : 39-40) Permainan merupakan bentuk pemuasan dari nafsu seksual yang terdapat dikompleks terdesak. 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive