Tuesday, October 23, 2018

Aktivitas Pembelajaran Model Shared


Model pembelajaran terpadu tipe shared merupakan bentuk pemaduan pembelajaran akibat adanya tumpang tindih ide-ide atau konsep dua mata pelajaran atau lebih. Pembelajaran ini ditempuh didasarkan pada kenyataan bahwa banyak dijumpai terdapatnya suatu kemampuan yang pencapaiannya harus diwujudkan melalui dua atau lebih mata pelajaran. Model shared adalah suatu model pembelajaran terpadu dimana pengembangan disiplin ilmu yang memayungi antar mata pelajaran (kurikulum silang).
Pembelajaran model terbagi (shared) adalah suatu pendekatan belajar mengajar yang menggabungkan dua atau lebih mata pelajaran yang melihat konsep, sikap dan ketrampilan yang sama. Penggabungan antara konsep pelajaran, keterampilan dan sikap yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dipayungi dalam satu tema, sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Dalam disiplin komplementer tersebut, perencanaan partner dan atau pengajaran memfokuskan pada konsep, ketrampilan, dan sikap, yang terbagi (shared).
Adapun aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model shared yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :
Kegiatan pembuka :
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.      Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat pada halaman satu tentang cita-cita tak mengenal suku, agama, atau kebangsaan.  Semua orang dapat menempatkan cita-citanya setinggi langit.  Tetapi setiap orang harus berusaha keras untuk mencapainya.  
7.      Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Giat Berusaha Meraih Cita-Cita.
8.      Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku pertanyaan :
  • Apakah semua orang berhak mempunyai cita-cita?
  • Apa yang bisa kamu lakukan untuk menggapai cita-citamu?
Kegiatan Inti
1.      Siswa membaca dengan cermat sebuah bacaan tentang usaha keras seseorang yang bercita-cita besar. Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang seorang arsitek ternama Indonesia. Siswa juga membahas tentang kegigihan tokoh tersebut dalam meraih cita-citanya.
2.      Setelah memahami isi bacaan, siswa lalu melengkapi diagram yang terdapat pada buku siswa tentang apa yang dialami oleh tokoh tersebut. Siswa juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut.
Siswa mengamati lima buah gambar bangunan tempat beribadah yang terdapat di Indonesia. Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu persatu tentang bangunan ibadah tersebut.
1.      Guru dapat memberikan pertanyaan:  Apakah kelima tempat ibadah itu ada di daerahmu? Siswa kemudian secara berkelompok melakukan pengamatan di daerah sekitarnya apakah terdapat bangunan-bangunan ibadah tersebut.
2.      Siswa dengan masing-masing kelompoknya mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok.  Setiap kelompok akan mencari informasi tentang dua tempat ibadah keagamaan.
  • Carilah informasi tentang rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia.  Tentukan satu tempat ibadah yang paling terkenal di Indonesia.  Catatlah informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat ibadah tesebut. 
  • Carilah gambar tentang rumah ibadah tersebut.  Cari tahu makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.
  • Dengan menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut berikut keterangan di bawahnya.
  • Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.
  • Aturlah sedemikian rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya. (Gunakan contoh di bawah).
  • Jelaskanlah kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.
  • Presentasikanlah hasil karyamu di depan kelas.
  • Catatlah informasi penting yang kamu dapatkan dari kelompok lain yang membandingkan rumah ibadah yang lain.
3.      Siswa menuangkan hasil pencarian informasi tentang 2 buah rumah ibadah dan menuangkannya ke dalam bentuk kesimpulan yang dilengkapi gambar serta penjelasannya. Siswa lalu mempresentasikannya di depan kelas.
4.      Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. (IPS KD 3.1 dan 4.1)
Siswa melakukan pengamatan
1.      Siswa mengamati dua buah gambar peta persebaran sumber daya alam hayati yang terdiri atas tumbuhan dan hewan di Indonesia. Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu-persatu informasi khusus yang terdapat pada peta tersebut.
2.      Siswa secara kelompok kemudian bekerja sama dalam membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.
3.      Siswa mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Bekerjalah bersama kelompok yang terdiri atas tiga orang.
  • Kamu dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahmu.
  • Mintalah kepada gurumu peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu.
  • Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan
  • Tandailah daerah itu dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau tumbuhan yang dimaksud.
  • Lakukanlah hal yang sama untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan atau hewan lainnya.
  • Jelaskanlah manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.
  • Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apakah yang paling banyak dihasilkan di daerahmu.
  • Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas.
4.      Siswa menyajikan hasil pencarian informasinya dari berbagai sumber ke dalam sebuah kesimpulan tentang manfaat sumber daya tumbuhan atau hewan terhadap masyarakat yang tinggal di daerahnya.
5.      Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. (IPS KD 3.1 dan 4.1)

1.      Siswa membaca teks informasi tentang mendeklamasikan puisi yang baik.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang cara memahami makna sebuah puisi yaitu salah satunya dengan cara memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya. Siswa lalu melihat kembali puisi tentang “Penjaga Alam” pada pembelajaran pertama.  Siswa memberikan tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya.  Siswa juga melatih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan.
3.      Siswa menceritakan bagaimana mereka bekerja sama dengan temannya untuk menyelesaikan tugasnya hari ini. Siswa lalu menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini: Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan untuk bekerja sama?
  • Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?
  • Apa yang kamu rasakan ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?

Kegiatan Penutup
·         Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·         Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·         Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari.

·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive