Thursday, October 18, 2018

MEMBANGUN PENGETAHUAN ANAK

Makna Pengetahuan Bagi Anak Usia Dini
            Pengetahuan adalah apa yang dilihat atau diperoleh melalui pancaindera. Pengetahuan selalu terdiri dari unsur yang mengetahui dan diketahui serta kesadaran mengenal hal yang ingin diketahui.
A.      Teori Pengetahuan
Pengetahuan tidak hanya berasal dari interaksi langsung indera dengan kenyataan, tetapi juga harus ada pemikiran tentang perubahan. Pengetahuan dibangun oleh anak berdasarkan kemampuannya dalam memahami perbedaan berdasarkan persamaan yang tampak.

B. Jenis-Jenis Pengetahuan
  1. Pengetahuan Fisik
Bersumber dari lingkungan fisik di sekitar anak, berupa bentuk, warna, rasa, suara, gerak dan sebagainya.
  1. Pengetahuan Logika-Matematika
Meliputi kemampuan dalam membandingkan, mengurutkan, mengelompokkan, menghitung, dan berpikir dengan menggunakan logika.
  1. Pengetahuan Sosial
Didapat melalui suatu proses ketika melakukan interaksi dengan orang lain. Pengetahuan sosial meliputi kosakata, norma, moral, dan berbagai macam kondisi lingkungan anak menetap yang harus dipelajari oleh anak dari lingkungan di sekitarnya.

C. Cara Membangun Pengetahuan
1. Teori Peniruan Pengetahuan
Anak membangun pengetahuan melalui kegiatan mengamati dan meniru apa yang telah dilihat olehnya. Anak memperoleh input pengetahuan tidak hanya melalui indera penglihatannya tetapi juga melalui indera pendengarannya. Anak melakukan peniruan terhadap obyek yang dilihat dan diamatinya.

2. Pandangan Teori Konstruktivis pada teori Pengetahuan
Anak belajar dengan mengubah objek, yaitu dengan memanipulasinya. Pengetahuan adalah hasil dari pengonstruksian pemikiran secara aktif, dengan membuat hubungan antar objek satu dengan lainnya.
3. Konsep Perubahan
D. Pengembangan Pengetahuan
1. Pengembangan Pengetahuan Fisik
2. Pengembangan Logika Matematika
3. Pengembangan Pengetahuan Sosial
E. Berbagai Kegiatan Pembelajaran Yang Dapat Membangun Pengetahuan
1. Kegiatan Praktek Langsung
2. Kegiatan Cerita atau Dongeng
3. Kegiatan Tanya Jawab
4. Kegiatan Proyek
5. Kegiatan Bermain Peran

6. Kegiatan Demonstrasi

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive