Makna Pengetahuan Bagi Anak Usia
Dini
Pengetahuan
adalah apa yang dilihat atau diperoleh melalui pancaindera. Pengetahuan selalu
terdiri dari unsur yang mengetahui dan diketahui serta kesadaran mengenal hal
yang ingin diketahui.
A.
Teori
Pengetahuan
Pengetahuan tidak hanya berasal
dari interaksi langsung indera dengan kenyataan, tetapi juga harus ada
pemikiran tentang perubahan. Pengetahuan dibangun oleh anak berdasarkan
kemampuannya dalam memahami perbedaan berdasarkan persamaan yang tampak.
B. Jenis-Jenis
Pengetahuan
- Pengetahuan Fisik
Bersumber
dari lingkungan fisik di sekitar anak, berupa bentuk, warna, rasa, suara, gerak
dan sebagainya.
- Pengetahuan
Logika-Matematika
Meliputi
kemampuan dalam membandingkan, mengurutkan, mengelompokkan, menghitung, dan
berpikir dengan menggunakan logika.
- Pengetahuan Sosial
Didapat
melalui suatu proses ketika melakukan interaksi dengan orang lain. Pengetahuan
sosial meliputi kosakata, norma, moral, dan berbagai macam kondisi lingkungan
anak menetap yang harus dipelajari oleh anak dari lingkungan di sekitarnya.
C. Cara
Membangun Pengetahuan
1. Teori Peniruan Pengetahuan
Anak membangun pengetahuan melalui kegiatan mengamati
dan meniru apa yang telah dilihat olehnya. Anak memperoleh input pengetahuan
tidak hanya melalui indera penglihatannya tetapi juga melalui indera
pendengarannya. Anak melakukan peniruan terhadap obyek yang dilihat dan
diamatinya.
2. Pandangan Teori Konstruktivis pada teori
Pengetahuan
Anak belajar dengan mengubah objek, yaitu dengan
memanipulasinya. Pengetahuan adalah hasil dari pengonstruksian pemikiran secara
aktif, dengan membuat hubungan antar objek satu dengan lainnya.
3. Konsep Perubahan
D.
Pengembangan Pengetahuan
1. Pengembangan Pengetahuan Fisik
2. Pengembangan Logika Matematika
3. Pengembangan Pengetahuan Sosial
E. Berbagai
Kegiatan Pembelajaran Yang Dapat Membangun Pengetahuan
1. Kegiatan Praktek Langsung
2. Kegiatan Cerita atau Dongeng
3. Kegiatan Tanya Jawab
4. Kegiatan Proyek
5. Kegiatan Bermain Peran
6. Kegiatan Demonstrasi
No comments:
Post a Comment