Tuesday, October 23, 2018

Ruang Lingkup Audit Internal


     Ruang lingkup audit internal menurut hiro tugiman (2006 ; 99-100) sebagai berikut :
Ruang lingkup audit internal menilai keefektivan sistem pengendalian intern serta mengevaluasi terhadap kelengkapan dan efektivan sistem pengendalian intern yang dimiliki organisasi,serta kualitas pelaksanaan tanggung jawab yang diberikan, pemeriksaan internal harus :
1.    Mereview kendala (reliabilitas dan integritas) informasi finansial dan operasional serta cara yang dipengaruhi untuk mengidentifikasi, mengukur, mengklasifikasi, dan melaporkan informasi tersebut.
2.    Mereview kendala (reliabilitas dan integritas) informasi finansial dan operasional serta cara yang dipengaruhi untuk mengidentifikasi, mengukur, mengklasifikasi, dan melaporkan informasi tersebut.
3.    Mereview berbagai sistem yang telah ditetapkan untuk memastikan kesesuaian dengan berbagi kebikjaksanaan, rencana, prosedur, hukum, dan peraturan yang dapat berakibat penting terhadap kegiatan organisasi serta harus menentukan apakah organisasi telah mencapai kesesuaian dengan hal-hal tersebut.
4.    Mereview berbagi cara yang dipergunakan untuk melindungi harta dan bila dipandang perlu, memverifikasi keberadaan harta-harta tersebut.
5.    Menilai keekonomisan dan keefisienan pengguna berbagai sumber daya.
6.    Mereview berbagai operasi atau program untuk menilai apakah hasilnya konsisten dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dan apakah kegiatan atau program tersebut dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan.

         Dari uraian diatas dapat disimpulkan ruang lingkup audit internal adalah menilai dan mengevaluasi keefektivan serta kelengkapan sistem pengendalian intern yang ada dalam organisasi serta kualitas pelaksanaan tanggung jawab yang diberikan. Ruang lingkup kegiatan audit internal mencakup bidang yang sangat luas dan kompleks meliputi seluruh tingkatanan manajemen baik yang sifatnya administratif maupun operasional. Hal tersebut sesuai dengan komitmen bahwa fungsi audit internal yaitu membantu manajemen dalam mengawasi jalannya roda organisasi

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive