Thursday, October 18, 2018

PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA KURIKULUM PAUD

Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini
A. Hakikat Kurikulum Anak Usia Dini
            Kurikulum pendidikan anak usia dini merupakan seperangkat kegiatan belajar sambil bermain yang sengaja direncanakan untuk dapat dilaksanakan dalam rangka menyiapkan dan meletakkan dasar-dasar bagi pengembangan diri anak usia dini lebih lanjut. Pengembangan kurikulum adalah pengembangan sejumlah pengalaman belajar melalui kegiatan bermain yang dapat memperkaya pengalaman anak tentang berbagai hal, seperti cara berpikir tentang diri sendiri, tanggap pada pertanyaan, dapat memberikan argumentasi untuk mencari berbagai pertanyaan, dapat memberikan argumentasi untuk mencari berbagai alternatif.
            Dua hal penting tentang kurikulum bagi anak usia dini yaitu :
  1. Program kegiatan bermain pada anak usia dini diterapkan berdasarkan kurikulum yang berpusat pada anak
  2. Kurikulum berorientasi pada hasil dan mengaitkan berbagai konsep dan perkembangan.
B. Paradigma Perubahan Dari Kurikulum
            Standar Pendidikan Anak Usia Dini akan memberikan berbagai konsep dasar dan ciri-ciri pendidikan dan pembelajarna pada anak dalam hal:
  1. Ketercapaian Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini
  2. Berorientasi pada hasil belajar
  3. Menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi
  4. Sumber belajar tidak terfokus pada guru, tetapi berpusat pada anak
  5. Penilaian lebih ditekankan pada proses yang terjadi selama kegiatan berlangsung dan bukan hasil belajarnya saja
C. Perbandingan Antara Kurikulum 1994 Dengan 2004 dan Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) maupun Standar Pendidikan Anak Usia Dini mengacu pada Contextual Teaching Learning (CTL). CTL merupakan implementasi dalam penentuan materi pembelajaran dan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan karakteristik anak dan atau daerah. Anak akan belajar dengan baik apabila yang dipelajari terkait dengan apa yang telah diketahui dan dengan kegiatan atau peristiwa yang terjadi di sekelilingnya.
Kegiatan dan strategi yang ditampilkan dapat berupa kombinasi kegiatan berikut :
  1. Pembelajaran otentik
  2. Pembelajaran berbasis inquiri
  3. Pembelajaran berbasis masalah
  4. Pembelajaran layanan
  5. Pembelajaran berbasis kerja
Prinsip Dasar Pembelajaran Kontekstual :
  1. Dibangun dari teori belajar konstruktivisme
  2. Inquiry
  3. Questioning
  4. Mendorong anak belajar untuk belajar bersama
  5. Modelling
  6. Menggunakan penilaian otentik
  7. Refleksi
D. Analisis Kurikulum PAUD
1. Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Standar PAUD
            Kurikulum berbasis kompetensi merupakan perangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai anak, penilaian kegiatan belajar mengajar, dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dalam pengembangan kurikulum sekolah.
2. Komponen-komponen Standar Pendidikan PAUD
            Standar Pendidikan PAUD merupakan kerangka inti yang memiliki empat komponen yaitu :
  1. Kurikulum dan pencapaian
  2. Penilaian Berbasis Kelas
  3. Kegiatan Belajar Mengajar
  4. Pengelolaan Standar Pendidikan Anak Usia Dini
2. Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Standar PAUD
a. Keimanan, nilai dan budi pekerti luhur
b. Penguatan integritas nasional
c. Keseimbangan Etika, Logika, Estetika dan Kinestetika
d. Kesamaan Memperoleh Kesempatan
e. Abad Pengetahuan dan Teknologi Informasi
f. Pengembangan Keterampilan Hidup
g. Belajar Sepanjang Hayat
h. Berpusat pada anak dengan penilaian yang berkelanjutan dan komprehensif
i. Pendekatan Menyeluruh dan Kemitraan


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive