Kurikulum Pada
Pendidikan Anak Usia Dini
A. Hakikat
Kurikulum Anak Usia Dini
Kurikulum
pendidikan anak usia dini merupakan seperangkat kegiatan belajar sambil bermain
yang sengaja direncanakan untuk dapat dilaksanakan dalam rangka menyiapkan dan
meletakkan dasar-dasar bagi pengembangan diri anak usia dini lebih lanjut.
Pengembangan kurikulum adalah pengembangan sejumlah pengalaman belajar melalui
kegiatan bermain yang dapat memperkaya pengalaman anak tentang berbagai hal,
seperti cara berpikir tentang diri sendiri, tanggap pada pertanyaan, dapat
memberikan argumentasi untuk mencari berbagai pertanyaan, dapat memberikan
argumentasi untuk mencari berbagai alternatif.
Dua
hal penting tentang kurikulum bagi anak usia dini yaitu :
- Program kegiatan bermain
pada anak usia dini diterapkan berdasarkan kurikulum yang berpusat pada
anak
- Kurikulum berorientasi
pada hasil dan mengaitkan berbagai konsep dan perkembangan.
B. Paradigma
Perubahan Dari Kurikulum
Standar
Pendidikan Anak Usia Dini akan memberikan berbagai konsep dasar dan ciri-ciri
pendidikan dan pembelajarna pada anak dalam hal:
- Ketercapaian Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini
- Berorientasi pada hasil
belajar
- Menggunakan pendekatan
dan metode yang bervariasi
- Sumber belajar tidak terfokus
pada guru, tetapi berpusat pada anak
- Penilaian lebih
ditekankan pada proses yang terjadi selama kegiatan berlangsung dan bukan
hasil belajarnya saja
C.
Perbandingan Antara Kurikulum 1994 Dengan 2004 dan Standar Pendidikan Anak Usia
Dini
Kurikulum Berbasis Kompetensi
(KBK) maupun Standar Pendidikan Anak Usia Dini mengacu pada Contextual Teaching Learning (CTL). CTL
merupakan implementasi dalam penentuan materi pembelajaran dan pengalaman
belajar yang disesuaikan dengan karakteristik anak dan atau daerah. Anak akan
belajar dengan baik apabila yang dipelajari terkait dengan apa yang telah
diketahui dan dengan kegiatan atau peristiwa yang terjadi di sekelilingnya.
Kegiatan dan strategi yang
ditampilkan dapat berupa kombinasi kegiatan berikut :
- Pembelajaran otentik
- Pembelajaran berbasis
inquiri
- Pembelajaran berbasis
masalah
- Pembelajaran layanan
- Pembelajaran berbasis
kerja
Prinsip Dasar Pembelajaran Kontekstual :
- Dibangun dari teori
belajar konstruktivisme
- Inquiry
- Questioning
- Mendorong anak belajar
untuk belajar bersama
- Modelling
- Menggunakan penilaian
otentik
- Refleksi
D. Analisis
Kurikulum PAUD
1. Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi dan
Standar PAUD
Kurikulum
berbasis kompetensi merupakan perangkat rencana dan pengaturan tentang
kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai anak, penilaian kegiatan
belajar mengajar, dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dalam pengembangan
kurikulum sekolah.
2. Komponen-komponen Standar Pendidikan PAUD
Standar
Pendidikan PAUD merupakan kerangka inti yang memiliki empat komponen yaitu :
- Kurikulum dan pencapaian
- Penilaian Berbasis Kelas
- Kegiatan Belajar
Mengajar
- Pengelolaan Standar
Pendidikan Anak Usia Dini
2. Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Standar PAUD
a. Keimanan, nilai dan budi pekerti luhur
b. Penguatan integritas nasional
c. Keseimbangan Etika, Logika, Estetika dan
Kinestetika
d. Kesamaan Memperoleh Kesempatan
e. Abad Pengetahuan dan Teknologi Informasi
f. Pengembangan Keterampilan Hidup
g. Belajar Sepanjang Hayat
h. Berpusat pada anak dengan penilaian yang berkelanjutan
dan komprehensif
i. Pendekatan Menyeluruh dan Kemitraan
No comments:
Post a Comment