Tuesday, October 23, 2018

PENGARUH TIMBAL BALIK ANTARA KONDISI LINGKUNGAN ALAM DAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA


Hakekat manusia sebagai subjek lingkungan adalah makhluk yang berperan untuk mengelola dan merawat lingkungan. Makhluk yang memiliki tenaga yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial. Individu yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
Hakekat manusia sebagai objek lingkungan adalah makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang yang tidak akan pernah selesai (tuntas) selama hidupnya. Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat. Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.
Lingkungan alam yaitu meliputi keadaan tanah, iklim, musim, dan sebagainya. Perbedaan lingkungan alam dimana individu berada akan memberikan perbedaan pengaruh terhadap perkembangan individu, misalnya daerah pantai pegunungan ataupun pedalaman akan memberikan pengaruh berbeda kepada individu yang tinggal disana, begitu pula dengan daerah dua musim, atau empat musim akan memberikan pengaruh berbeda pula pada individu yang tinggal disana.
Menurut para ahli, bumi yang kita huni sudah tidak senyaman dahulu. Suhu di permukaan bumi semakin meningkat. Akibatnya permukaan air laut naik karena melelehnya es di bagian kutub bumi. Hutan sebagai penyangga air diganti dengan hutan beton. Akibatnya, banjir melanda di berbagai daerah tidak hanya di kota besar saja tapi sudah merembet ke kota-kota kecil. Keadaan tersebut hanyalah sebagian kecil dari kondisi lingkungan saat ini. Sebenarnya banyak yang terjadi pada lingkungan di sekitar kita. Kondisi lingkungan sekarang ini harus benar-benar diperhatikan karena semakin parah tingkat kerusakannya

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive