Pelaku
fraud dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok, yaitu manajemen dan pegawai
karyawan.Fraud yang dilakukan oleh manajemen umumnya lebih sulit ditemukan
dibandingkan dengan yang dilakukan oleh pegawai karyawan.Oleh karena itu, perlu
diketahui gejala yang menunjukkan adanya fraud tersebut.
1.
Gejala fraud manajemen :
a. Ketidak cocokan diantara manajemen
puncak
b.
Moral dan motivasi karyawan rendah
c.
Tingkat complain yang tinggi terhadap perusahaan dari
pihak konsumen, pemasok, atau badan otoritas
d.
Terdapat kelebihan persediaan yang signifikan
e.
Dan lain-lain
2.
Gejala fraud pegawai
:
a.
Pengeluaran tanpa dokumen pendukung
b.
Kekurangan barang yang diterima
c.
Kemahalan barang yang
dibeli
d.
Faktur ganda dan penggantian mutu barang
e.
Penghancuran, penghilangan, pengrusakan dokumen
pendukung pembayaran
f. Dan lain-lain
Penelitian
tradisional tentang fraud dilakukan pertama kali oleh Dr. Donald Cressey pada tahun 1950 salah seorang pendiri ACFE, yang
menimbulkan pertanyaan mengapa fraud dapat terjadi.Hasil dari penelitian itu
memunculkan factor-faktor pemicu fraud yang saat ini dikenal dengan “Fraud Triangle”.Dalam teori Fraud Triangle, perilaku fraud didukung
oleh tiga unsur yaitu adanya tekanan, kesempatan, dan pembenaran. Tiga unsur
itu digambarkan dalam segitiga sama sisi karena bobot/derajat ketiga unsur itu sama.
1.
Tekanan, ialah dorongan untuk melakukan fraud yang
terjadi pada karyawan (employee fraud) dan oleh manajer (management fraud)
antara lain karena tekanan keuangan, kebiasaan buruk, lingkungan kerja, dan keluarga.
2.
Kesempatan, timbul terutama karena lemahnya
pengendalian intern untuk mencegah dan mendeteksi kecurangan. Kesempatan juga
bisa timbul karena lemahnya sanksi, dan ketidak mampuan menilai kualitas kinerja.
3.
Pembenaran, antara lain karena pelaku menganggap bahwa
yang dilakukan sudah merupakan hal yang biasa/wajar dilakukan oleh orang lain
pula. Pelaku merasa berjasa besar terhadap perusahaandan seharusnya ia menerima
lebih banyak dari yang seharusnya diterimanya. Pelaku menganggap tujuannya baik
untuk mengatasi masalah, nanti akan dikembalikan.
No comments:
Post a Comment