Thursday, October 18, 2018

Teori Perkembangan Kognitif Vygotsky

Fungsi Alat Berpikir (Tool of the Mind) dan Prinsip Dasar Vygotsky tentang Perkembangan Kognitif
            Menurut Vygotsky, anak-anak belajar melalui interaksi sosial. Mereka mendapatkan kemampuan kognitif sebagai bagian dari induksi mereka ke dalam cara hidup. Pemikiran Vygotsky yang sangat cemerlang adalah tentang fungsi alat berpikir (tool of mind) pada setiap individu yang tentunya berbeda antara satu individu dengan individu yang lain.
Secara spesifik Vygotsky menjelaskan beberapa kegunaan dari alat berpikir, yaitu sebagai berikut :
A.      Pemahaman Vygotsky Tentang Kedunaan Alat Berpikir
  1. Membantu  memecahkan masalah
  2. Memudahkan dalam Melakukan Tindakan
  3. Memperluas Kemampuan
  4. Melakukan Sesuatu Sesuai dengan Kapasitas Alaminya
Konsep Teori Vygotsky yang membahas tentang perkembangan kognitif sesuai dengan teori revolusi-sosiokultural:
  1. Hukum genetik tentang perkembangan
  2. Zona perkembangan proksimal (Zone of Proximal Development, ZPD)
Empat tahapan ZPD yang terjadi dalam perkembangan dan pembelajaran yaitu :
1)      Tahap 1: tindakan anak masih dipengaruhi atau dibantu orang lain
2)      Tahap 2: Tindakan anak didasarkan atas inisiatif sendiri
3)      Tahap 3: Tindakan anak berkembang spontan dan terintegrasi
4)      Tahap 4: Tindakan spontan akan terus diulang-ulang hingga anak siap untuk berpikir secara abstrak
  1. Private Speech
Menurut Vygotsky kunci utama untuk memahami proses sosial psikologis adalah tanda-tanda atau lambang-lambang yang berfungsi sebagai mediator.
Hubungan antara bahasa dan pemikiran diyakini sangat penting dalam kaitannya, kemahiran berbahasa dapat berfungsi untuk:
1)      Sumber berpikir
2)      Mengetahui makna kata dan bentuk konsep
3)      Konstruktivisme sosial
4)      Perkembangan intelektual
Ada dua prinsip yang mempengaruhi penyatuan pemikiran dan bahasa:
Pertama : Semua fungsi mental memiliki asal usul eksternal atau sosial. Anak-anak harus menggunakan bahasa dan mengkomunikasikannya kepada orang lain sebelum mereka berfokus ke dalam proses-proses mental mereka sendiri.
Kedua : Anak-anak harus berkomunikasi secara eksternal dan menggunakan bahasa selama periode waktu yang lama sebelum transisi dari kemampuan berbicara secara eksternal ke internal berlangsung
Berdasarkan teori Vygotsky, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran:
1)        Dalam kegiatan pembelajaran hendaknya anak memperoleh kesempatan yang luas untuk mengembangkan zona perkembangan proksimalnya atau protensinya untuk belajar dan berkembang.
2)        Pembelajaran perlu lebih dikaitkan dengan tingkat perkembangan potensialnya dari pada perkembangan aktualnya.
3)        Pembelajaran lebih diarahkan pada penggunaan strategi untuk mengembangkan kemampuan intermentalnya daripada kemampuan intramentalnya
4)        Anak diberi kesempatan yang luas untuk mengintegrasikan pengetahuan deklaratif yang telah dipelajarinya dengan pengetahuan prosedural untuk melakukan tugas-tugas dan memecahkan masalah
5)        Proses belajar dan pembelajaran tidak sekedar bersifat transferal tetapi lebih merupakan ko-kontruksi.

B. Prinsip Dasar Perkembangan Kognitif Vygotsky
  1. Anak membangun berbagai pengetahuan
Vygotsky meyakini bahwa anak-anak menyusun pengetahuan mereka sendiri secara aktif dan tidak secara pasif menghasilkan berbagai pengetahuan tersebut.
  1. Perkembangan Kognitif Tidak dapat dipisahkan dari Konteks
Menurut Vygotsky konteks sosial mempengaruhi cara belajar seseorang tentang sikap dan kepercayaan. Konteks sosial terdiri dari beberapa tingkatan sebagai berikut:
a.       Tingkatan interaksi perantra dimana setiap anak melakukan interaksi pada saat-saat tertentu
b.      Tingkatan struktural yang mencakup struktur-struktur sosial yang berpengaruh pada anak-anak seperti keluarga dan sekolah

c.       Tingkatan sosial dan budaya secara umum yang mencakup ciri-ciri masyarakat seperti bahasa, sistem numerik dan penggunaan teknologi

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive