Monday, July 23, 2018

Ragam Puisi

ragam puisi itu bermacam-macam. Ragam puisi itu sedikitnya akan dibedakan antara:
a)      Puisi epik, yakni suatu puisi yang di dalamnya mengandung cerita kepahlawanan. Puisi epik dibedakan antara folk epic,  yakni bila nilai akhir puisi itu untuk dinyanyikan, dan literary epic,  yakni bila nilai akhir puisi itu untuk dibaca, dipahami, dan diresapi maknanya.
b)      Puisi naratif, yakni puisi yang di dalamnya mengandung suatu cerita, dengan pelaku, perwatakan, setting, maupun rangkaian peristiwa tertentu yang menjalin suatu cerita.
c)      Puisi lirik, yakni puisi yang berisi luapan batin individual penyairnya dengan segala macam endapan pengalaman, sikap, maupun suasana batin yang melingkupinya.
d)     Puisi dramatik, yakni salah satu jenis puisi yang secara objektif menggambarkan perilaku seseorang, baik lewat lakuan, dialog, maupun monolog sehingga mengandung suatu gambaran kisah tertentu.
e)      Puisi didaktik, yakni puisi yang mengandung nilai-nilai kependidikan yang umumnya tertampil eksplisit.
f)       Puisi satirik, yakni puisi yang mengandung sindiran atau kritik tentang kepincangan atau ketidakberesan kehidupan suatu kelompok maupun suatu masyarakat.
g)      Romance, yakni puisi yang berisi luapan rasa cinta seseorang terhadap sang kekasih.
h)      Elegi, yakni puisi ratapan yang mengungkapkan rasa pedih seseorang.
i)        Ode, yaitu puisi yang berisi pujian terhadap seseorang yang memiliki jasa ataupun sikap kepahlawanan.

j)        Himne, yaitu puisi yang berisi pujian kepada Tuhan maupun ungkapan rasa cinta terhadap bangsa ataupun tanah air.  

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive