RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.
IDENTITAS
MATA PELAJARAN
a. Nama Sekolah : SMA
b. Kelas :
XI
c. Semester : 1
d. Jurusan : IPA
e. Alokasi waktu : 4 x 45 menit
2.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan
sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
3.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, lingkaran, dan ogif.
4.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Memahami cara
memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa,
membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah
2.
Membaca sajian
data dalam bentuk tabel, diagram, poligon, dan histogram.
5.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah akhir pembelajaran , peserta didik mampu :
1.
Memahami cara
memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa,
membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.(teliti)
2.
Membaca sajian
data dalam bentuk tabel, diagram, poligon, dan histogram.(teliti)
6.
MATERI
PEMBELAJARAN
Statistik
adalah metode ilmiah untuk menyusun, meringkas, menyajikan dan
menganalisa data, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan yang benar
dan dapat dibuat keputusan yang masuk akal berdasarkan data tersebut.
Populasi
adalah seluruh objek yang akan diteliti, sedangkan sebagian dari populasi yang
benar-benar diamati disebut sampel atau contoh. Keterangan atau
informasi yang diperoleh dari suatu penelitian disebut data. Data dibagi
menjadi data kualitatif, data kuantitatif, data cacahan dan, data ukuran.
Penyajian data dapat menggunakan : diagram batang, diagram garis, diagram
lingkaran, tabel distribusi frekuensi, histogram dan ogif
7.
ALOKASI
WAKTU
1 x Pertemuan 45
menit
8.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran : Cooperative Learning tipe STAD
2.
Metode :
Problem
Solving (Pemecahan Masalah), tanya jawab, diskusi
dan pemberian tugas.
3.
Pendekatan
Pembelajaran : Pemahaman Konsep dan Problem Solving
(Pemecahan Masalah)
9.
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (2 x
45 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1.
|
TATAP
MUKA
Kegiatan
Awal ( Pendahuluan)
Appersepsi
- Mengingat kembali materi pertemuan
sebelumnya
yaitu statistika
|
10’
|
2.
|
Kegiatan
Inti :
·
Eksplorasi
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian
dasar dalam statistika dan contoh data
dalam berbagai penyajian dan menjelaskan cara-cara membacanya
-
Digunakan tekhnik
Cooperative Learning tipe STAD untuk
menjelaskan tentang pengertian dasar dalam
statistika dan contoh data dalam berbagai penyajian dan
menjelaskan cara-cara membacanya
-
Guru
memfasilitasi peserta didik dari berbagai sumber belajar
-
Memberi materi untuk
dikaji secara perorangan :
pengertian dasar dalam statistika dan contoh data dalam berbagai penyajian dan menjelaskan
cara-cara membacanya
·
Elaborasi
-
siswa mengkaji materi tentang pengertian dasar dalam statistika dan contoh data dalam berbagai penyajian dan menjelaskan
cara-cara membacanya
-
Siswa mengerjakan
kuis secara individual dan siswa tidak boleh bekerja sama
·
Konfirmasi
-
Memotivasi siswa yang belum aktif selama pembelajaran
berlangsung
|
70’
|
3.
|
Kegiatan
penutup :
1.
Evaluasi / Tanya Jawab
2.
Penenangan
/ Pendinginan
PENUGASAN
TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
Disampaikan
saat kegiatan penutup
“
Penugasan Terstruktur (PT)
Guru memberi tugas kepada masing-masing peserta didik
untuk mencari contoh data dalam berbagai penyajian (terlampir)
§ Belum ada KMTT
karena belum sampai di akhir pembahasan KD
|
10’
|
Pertemuan 2 (2 x
45 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1.
|
TATAP
MUKA
Kegiatan
Awal ( Pendahuluan)
Appersepsi
- Mengingat kembali materi pertemuan
sebelumnya
yaitu tentang statistika dan contoh data
dalam berbagai penyajian
|
10’
|
2.
|
Kegiatan
Inti :
·
Eksplorasi
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru tentang tugas yang telah
diberikan yaitu untuk membawa contoh data
-
Digunakan tekhnik
Cooperative Learning tipe STAD untuk
menjelaskan tentang tugas yang telah
diberikan yaitu untuk membawa contoh data
-
Guru
memfasilitasi peserta didik dari berbagai sumber belajar
-
Memberi materi
untuk dikaji secara perorangan :
tugas yang telah diberikan yaitu untuk membawa contoh data
·
Elaborasi
-
siswa mengkaji materi tentang tugas yang telah diberikan yaitu untuk membawa contoh data
-
siswa dibagi
menjadi 5 kelompok salah satunya ditunjuk sebagai ketua kelompok (moderator)
yang akan mengatur jalanya presentasi hasil diskusi dari masing-masing
kelompok
-
siswa mempresentasikan hasil diskusinya sesuai
masing-masing kelompok
-
guru memfasilitasi peserta didik untuk berfikir
kritis, menganalisis dan memecahkan masalah dengan cara berkompetensi secara
sehat
-
setiap kelompok menyimpulkan hasil masing-masing
diskusi setiap kelompoknya
-
Siswa mengerjakan
kuis secara individual dan siswa tidak boleh bekerja sama
·
Konfirmasi
-
Guru memberi
konfirmasi terhadap jalanya diskusi
-
Pemberian
penghargaan kepada sisa yang berprestasi dan tim/kelompok yang aktif.
-
Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi
berlangsung
|
70’
|
3.
|
Kegiatan
penutup :
1.
Evaluasi / Tanya Jawab
2.
Penenangan
/ Pendinginan
PEUGASAN
TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
Disampaikan
saat kegiatan penutup
“
Penugasan Trestruktur (PT)
Buatlah
Soal di LKS (terlampir)
§ Belum ada KMTT
karena belum sampai di akhir pembahan KD
|
10’
|
10. PENILAIAN HASIL
BELAJAR
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
Memahami cara
memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan,
dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah
|
• Tes tertulis
|
• Uraian
|
Misalkan garis berikut
menunjukkan curah hujan rata-rata per bulan di Indonesia (dalam milimeter)
yang tercatat di Badan Meteorologi dan Geofisika.
a. Sebutkan bulan
yang paling basah dan bulan yang paling kering.
b. Berapa mm-kah
curah hujan rata-rata pada bulan April?
c. Sebutkan bulan-bulan dengan curah
hujan lebih dari 150 mm.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
Membaca sajian
data dalam bentuk tabel, diagram, poligon, dan histogram.
|
• Tes tertulis
|
• Uraian
|
· Daftar baris-kolom berikut menyatakan banyaknya anak
laki-laki dan perempuan yang dimiliki oleh suatu keluarga yang mengikuti
survei.
a.
Berapa banyak
keluarga yang mengikuti survei?
b.Berapa banyak keluarga yang memiliki anak laki-laki?
c.
Berapa banyak
anak laki-laki dan perempuan yang
terdaftar?
Apakah pernyataan ini benar “Anak laki-laki lebih
banyak dillahirkan dibandingkan anak perempuan“. Jelaskan!
|
Kunci dan scoring terlampir
No comments:
Post a Comment