Monday, July 23, 2018

Teknik Belajar-Mengajar Cooperative Learning


Dalam sebuah teori, sudah sejatinya tidak hanya memiliki satu acuan yang digunakan untuk membuktikan bahwa teori tersebut mutlak untuk dibuktikan kebenarannya. Oleh karenanya ada beberapa pilihan diantara ragam metode yang diterapkan. Model belajar-mengajar yang diterapkan dengan menggunaka metode Cooperative learning memiliki beberapa variasai sebagai pilihan atau alternative pengajar dalam menentukan model mengajar yang mana yang tepat untuk digunakan dalam menstransfer suatu materi pelajaran kepada siswa. 
Dari beberapa model yang terdapat dalam metode Cooperative Learning, pada penelitian ini penulis mencoba untuk menggunakan model Jigsaw yang dikembangkan oleh Ronson et all. Penggunaan model Jigsaw berdasarkan pada keadaan siswa yang sipatnya majemuk, dengan berbagai latar belakang yang berbeda dan tingkat kemampuan yang berbeda pula. Sehingga kelas terasa unik apabila dilakukan model pembelajaran yang teracak dengan posisi Jigsaw. Keunggulan dari model ini, pembelajar tidak akaj merasa fokus pada satu siswa unggulan saja, akan tetapi secara tiba-tiba kaan menemukan siswa yang kurang dan pada saat-saat tretentu bertemu dengan siswa yang lebih.
Teknik mengajar Jigsaw dikembangkan oleh Ronson et all sebagai metode cooperative learning. Teknik ini bisa digunakan dalam pengajaran membaca, menulis, mendengarkan, ataupun berbicara. Dalam teknik ini guru menggabungkan  skemata atau latar belakang pengalaman siswa dan membantu siswa mengaktifkan skemata ini agar bahan pelajaran  menjadi lebih bermakna. Selain itu, siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatakan keterampilan berkomunikasi.
Bagi siswa model pembelajaran seperti ini tidak akan menjemukan karena perhatian guru akan terbagi sama rata, sehingga siswa merasa diperhatikan dan keadaan kelas akan terkontrol

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive