RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1 (Ganjil )
Tema/Topik : Atletik (Tolak Peluru)
Waktu : 3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti
1.
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
|
4.
|
Mencoba,
mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang atau teori.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Memahami
konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3
Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1.
Mengidentifikasikan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan
peluru, dan menjaga keseimbangan.
3.3.2.
Menjelaskan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan
peluru, dan menjaga keseimbangan.
3.3.3.
Menjelaskan cara melakukan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru,
melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan.
4.3.1.
Melakukan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru,
dan menjaga keseimbangan.
4.3.2.
Menggunakan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan
peluru, dan menjaga keseimbangan tolak peluru dalam bentuk perlombaan dengan
peraturan yang dimodifikasi.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat mengidentifikasikan
gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga
keseimbangan.
b.
Siswa dapat menjelaskan gerak spesifik memegang peluru,
menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan.
c.
Siswa dapat melakukan dan menggunakan gerak spesifik memegang
peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan tolak
peluru dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang dimodifikasi.
D. Materi Pembelajaran
:
Tema : Olahraga permainan perorangan atau
beregu Atletik
Sub Tema : Tolak Peluru
1.
Materi Reguler
1) Gerak dasar pegangan peluru
2) Gerak dasar awalan tolak peluru
3) Gerak dasar tolakan
4) Gerak dasar lanjutan tolak peluru
2.
Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)
Melakukan latihan
teknik dasar tolak peluru dennan metode pert and whole
3.
Materi Pengayaan
Materi Reguler yang
dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan
sederhana.
E.
Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan :
Scientific
·
Model pembelajaran :
Discovery Based Learning
·
Metode :
Resiprokal /
timbal-balik
F.
Media
dan Alat / Bahan
1. Media Pembelajaran :
a. Audio/video visual teknik dasar tolak peluru
b. Rekaman/cuplikan perlombaan tolak peluru
c. Poster/gambar gerak dasar tolak peluru
2.
Alat Pembelajaran :
a. Bak Pasir
b.
Lapangan / Lintasan
c.
Balok Tolakan atau
sejenisnya
d.
Peluit
e. Bendera Start
G. Sumber Pembelajaran
a. Buku Pegangan Guru SMP Kelas VII hal 110 - 168 Muhajir, dkk; Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Balitbang Kemdikbud RI.
b. Buku Siswa SMP Kelas VII hal 65 - 82 Muhajir, dkk; Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Balitbang Kemdikbud RI.
H. Langkah-langkah Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
a. Berbaris, berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan
memotivasi peserta didik.
b. Menanyakan
keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik
c. Menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan selama
pertemuan (membagi kelompok, membagikan LKS,)
e.
Melakukan
pemanasan yang mengarah pada cabang olahraga atletik tolak peluru dengan permainan kucing tikus , jala ikan
atau permainan yang lainnya.
|
20 menit
|
|
Inti
|
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
|
a. Peserta
didik mengamati pertandingan atletik secara langsung dan atau di TV/Video dan
membuat catatan tentang gerak
fundamental atletik Tolak Peluru (cara
memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir
tolakan)
b.
Peserta didik mencari informasi dan
membuat catatan tentang gerak fundamental atletik Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru,
tolakan dan sikap badan akhir tolakan) dari berbagai sumber media
cetak atau elektronik.
|
100 menit
|
Tahap 2 Merencanakan
|
1)
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)
Siswa yang sudah terbagi menjadi
beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat
dan satu kelompok sebagai pelaku
3)
Kelompok pelaku melakukan tugas cara memegang peluru, awwalan tolakan dan follow
through pada olahraga tolak peluru
4)
Kelompok pengamat memegang lembar
kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)
Siswa Menentukan kelompok mana yang
menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan
melakukan dengan durasi yang sama.
|
||
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
|
1) Peserta
didik peserta didik melakukan teknik memegang
peluru secara
berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasama, disiplin,
dan tolerensi.
2) Mendiskusikan setiap gerak fundamental olahraga
atletik Tolak
Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap
badan akhir tolakan) dengan benar.
3) Mendiskusikan setiap gerak fundamental atletik Tolak Peluru
(cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan
akhir tolakan)
dan membuat kesimpulannya.
|
||
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
|
1)
Siswa mendiskusikan data yang
diperoleh selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak fundamental
olahraga atletik Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru,
tolakan dan sikap badan akhir tolakan) dengan benar.
2) Mendiskusikan
kesalahan-kesalahan yang sering
dilakukan saat melakukan gerak fundamental atletik Tolak Peluru
(cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan
akhir tolakan) dengan benar dan membuat
kesimpulannya.
3)
Mendiskusikan bagaimana cara
memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan
gerak dalam atletik Tolak Peluru
(cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan
akhir tolakan) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
4) Peserta didik saling mempraktekan dan saling memberikan masukan dalam
pembelajaran Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru,
tolakan dan sikap badan akhir tolakan) untuk kesempurnaan pembelajaran teknik
fundamental
5) Peserta didik mencari hubungan antara Teknik memegang peluru dan gerakan tolakan
6)
Peserta didik mencari
hubungan antara olahraga atletik Tolak Peluru
(cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan
akhir tolakan)
dengan kesehatan dan kebugaran tubuh.
|
||
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
|
1.
Peserta didik menerapkan berbagai
keterampilan gerak fundamental ke
dalam perlombaan Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap
badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan)
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta menunjukkan sportif, kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
2.
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab
dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan.
3.
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan
dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebihan.
4.
Memberikan saran perbaikan
keterampilan kepada teman selama melakukan perlombaan atletik dengan
peraturan yang dimodivikasi.
5.
Memaparkan hasil diskusi berkaitan
dengan tentang keterampilan gerak
fundamental cabang olah raga atletik secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama.
|
||
Penutup
|
1. Pendinginan
(colling down) dengan melemaskan
otot-otot tungkai dan punggung.
2. Melakukan
refleksi dan tanya-jawab materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi
tugas pengayaan bagi yang tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan
memberitahu materi yang akan dipelajari pada minggu yang akan datang.
3. Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk mencatat pola gerak fundamental cabang
olahraga atletik yang telah dipelajari dalam buku tugas/kerja, dan
dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
4.
Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas
dengan penuh disiplin.
|
15 menit
|
I. Penilaian
1.
Penilaian
Sikap Spritual dan social
Jurnal
Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Tes Tertulis
1)
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3.3 Memahami
konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
|
Permainan
Atleik
|
1. Siswa
dapat mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan Atletik
2. Siswa
dapat Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan Atletik
3. Siswa
dapat Menjelaskan cara melakukan konsep spesifik dalam permainan atletik
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk
Instrumen
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL
|
1.
|
Fakta
a. Sebutkan teknik dasar tolak peluru
|
2.
|
Konsep
b. Jelaskan manfaat pegangan, awalan, tolakan dan sikap akhir ?
|
c. Sebutkan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat awalan, tolakan
dan gerakan akhir !
|
|
3.
|
Prosedur
d. Jelaskan cara melakukan teknik dasar awalan, tolakan dan gerakan akhir!
|
3) Pedoman Penskoran
a)
Soal nomor 1
1.
Skor 3, jika jenis disebut secara
lengkap
2.
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang
lengkap
3. Skor 1, jika
jenis disebut tidak lengkap
b)
Soal nomor 2
1.
Skor 4, jika penjelasan benar dan
lengkap
2.
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi
kurang lengkap
3.
Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak
benar dan kurang lengkap
4.
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan
yang benar dan tidak lengkap
c)
Soal nomor 3
1.
Skor 3, jika jenis disebut secara
lengkap
2.
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang
lengkap
3.
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
d) Soal
nomor 4
1.
Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
2. Skor 3,
jika urutan benar tetapi kurang lengkap
3. Skor 2,
jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor
1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.
4)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b.
Penugasan
1)
Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah : SMPN
Kelas/ Semester : VII/ Semester
1
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Mata Pelajaran : PJOK
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.3 Memahami
konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
|
Permainan
Atletik
|
Siswa dapat menjelaskan keterampilan cara pegangan, awalan, tolakan dan gerakan lanjutan pada
permainan Atletik
|
Penugasan
|
2)
Soal Penugasan
Deskripsikan
prosedur teknik dasar cara pegangan, awalan, tolakan dan gerakan lanjutan dalam
permainan atletik sertakan pula
gambarnya!
3. Penilaian
Keterampilan
a. Tes
Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(Keterampilan)
|
Siswa
melakukan modifikasi permainan lomba sesuai
dengan keterampilan dasar cara pegangan, awalan,
tolakan dan gerakan lanjutan dalam permainan atletik nomor tolak peluru
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilain
Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )
|
2) Bentuk Tes
Lakukan teknik tolak peluru
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Awal
|
Gerakan
|
Tolakan
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
3) Kriteria
Penilaian Proses
Kriteria
skor : Pelaksanaan Tolakan Pada tolak peluru
• Sikap awal
Skor 3 jika : Sikap Awal melakukkan tolakan
(1) Berdiri dengan kaki terbuka, berat badan di atas kaki kanan yang
mengarah ke belakang dan dibengkokkan.
(2) badan berputar ke belakang dan merendah sedikit dan lengan kiri di lipat
di depan dada.
(3) putar kaki kanan
ke depan, putar dan luruskan badan.
Skor 2:
jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika
hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika
tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
· Pelaksanaan gerak
Skor 3
jika:
(1) Berdiri dengan kaki kiri menghadap ke depan, badan tegak dan berputar
sedikit ke samping.
(2) Berjingkat ke depan dengan badan condong ke belakang, kaki kanan
mendarat terlebih dahulu, kemudian di susul oleh kaki kiri.
(3) Tolakan segera setelah kaki kiri mendarat dengan tujuan mempelajari
gerak meluncur dan di sambung dengan gerakkan akhir(tolakan).
Skor 2: jika
hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika
hanya satu kriteria yang dilakukan
secara benar
Skor 0: jika
tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
· Pelaksanaan akhir (Kembali ke sikap
semula)
Skor 3 jika:
(1) Pandangan
mata ke arah lemparan peluru.
(2) Badan
sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(3) lengan yang
melempar peluru berada di depan dengan posisi badan rileks.
Skor 2: jika
hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika
hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika
tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (Tolak Peluru)
Perolehan Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 4.50
Meter
|
... > 3.50
Meter
|
100%
|
Sangat Baik
|
4.00 – 4.49 Meter
|
3.00 – 3.49 Meter
|
90%
|
Baik
|
3.50 – 3.99 Meter
|
2.50 – 2.99 Meter
|
80%
|
Cukup
|
3.00 – 3.49 Meter
|
2.00 – 2.49 Meter
|
70%
|
Kurang
|
... < 3.00
Meter
|
... < 2.00
Meter
|
60%
|
Kurang Sekali
|
1)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60
X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4.
Program Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
1.
Keterampilan
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
a.
Melakukan latihan
teknik Tolak peluru dengan metode pert and whole
Format Remedial
Mata
Pelajaran
|
: Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas
/ Semester
|
: VII
|
Tanggal
Ulangan Harian
|
:
..................................................................................
|
Tanggal
Remidial
|
: ..................................................................................
|
No.
|
Nama
Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Jelaskan teknik dasar dalam Tolak peluru!
b.
Jelaskan Cara melakukan tolak peluru !
b. Pengayaan
Materi
reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan
yang sederhana.
No comments:
Post a Comment