Wednesday, July 11, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan KLS 8 ATLETIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                :  SMP
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                      :  VIII / 1 (Ganjil )     
Tema/Topik                           :  Atletik (Tolak Peluru)         
Waktu                                                :  3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )

A.      Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi          
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3.1. Mengidentifikasikan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan.
3.3.2. Menjelaskan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan.
3.3.3. Menjelaskan cara melakukan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan.
4.3.1. Melakukan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan.
4.3.2. Menggunakan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan tolak peluru dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang dimodifikasi.


C.       Tujuan Pembelajaran   
a.       Siswa dapat mengidentifikasikan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan.
b.       Siswa dapat menjelaskan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan.
c.        Siswa dapat melakukan dan menggunakan gerak spesifik memegang peluru, menolak peluru, melepaskan peluru, dan menjaga keseimbangan tolak peluru dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang dimodifikasi.




D.  Materi Pembelajaran :
Tema            : Olahraga permainan perorangan atau beregu Atletik
Sub Tema    : Tolak Peluru

1.          Materi Reguler
1)    Gerak dasar pegangan peluru
2)    Gerak dasar awalan tolak peluru
3)    Gerak dasar tolakan
4)    Gerak dasar lanjutan tolak peluru

2.          Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)         Melakukan latihan teknik dasar tolak peluru dennan metode pert and whole

3.          Materi Pengayaan
Materi Reguler yang dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan sederhana.

E.       Metode Pembelajaran    
·         Pendekatan                                    : Scientific
·         Model pembelajaran                    : Discovery Based Learning
·         Metode                                            : Resiprokal / timbal-balik

F.        Media dan Alat / Bahan
1.     Media Pembelajaran :
a.     Audio/video visual teknik dasar tolak peluru
b.     Rekaman/cuplikan perlombaan tolak peluru
c.     Poster/gambar gerak dasar tolak peluru
2.     Alat Pembelajaran :
a.     Bak Pasir
b.     Lapangan / Lintasan
c.     Balok Tolakan atau sejenisnya
d.     Peluit
e.     Bendera Start

G.      Sumber Pembelajaran
a.     Buku Pegangan Guru SMP Kelas VII hal 110 - 168 Muhajir, dkk; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Balitbang Kemdikbud RI.
b.     Buku Siswa SMP Kelas VII hal 65 - 82 Muhajir, dkk; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Balitbang Kemdikbud RI.

H.      Langkah-langkah Pembelajaran.
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
a.      Berbaris, berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
b.      Menanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik
c.      Menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan selama pertemuan (membagi kelompok, membagikan LKS,)
e.      Melakukan pemanasan yang mengarah pada cabang olahraga atletik tolak peluru dengan permainan kucing tikus , jala ikan atau permainan yang lainnya.
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
a.     Peserta didik mengamati pertandingan atletik secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak  fundamental atletik Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan)
b.     Peserta didik mencari informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental atletik Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik.
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku  melakukan  tugas cara memegang peluru, awwalan tolakan dan follow through pada olahraga tolak peluru
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)    Peserta didik peserta didik melakukan teknik memegang peluru secara berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasama, disiplin, dan tolerensi.
2)    Mendiskusikan setiap gerak fundamental olahraga atletik  Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan)  dengan benar.
3)    Mendiskusikan setiap gerak fundamental atletik  Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan) dan membuat kesimpulannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)       Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak fundamental olahraga atletik  Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan)  dengan benar.
2)       Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental atletik  Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
3)       Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak  dalam  atletik Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.
4)       Peserta didik saling mempraktekan dan saling memberikan masukan dalam pembelajaran Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan)  untuk kesempurnaan pembelajaran teknik fundamental
5)       Peserta didik mencari hubungan antara Teknik memegang peluru dan gerakan tolakan
6)       Peserta didik mencari hubungan antara olahraga atletik Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan) dengan kesehatan dan kebugaran tubuh.
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1.     Peserta didik menerapkan berbagai keterampilan gerak fundamental  ke dalam perlombaan Tolak Peluru (cara memegang peluru, sikap badan memegang peluru, tolakan dan sikap badan akhir tolakan) dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta menunjukkan sportif,  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
2.     Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan.
3.     Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebihan.
4.     Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan perlombaan atletik dengan peraturan yang dimodivikasi.
5.     Memaparkan hasil diskusi berkaitan dengan  tentang keterampilan gerak fundamental cabang olah raga atletik secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama.

Penutup

1.     Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
2.     Melakukan refleksi dan tanya-jawab materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan bagi yang tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang akan dipelajari pada minggu yang akan datang.
3.     Guru menugaskan kepada peserta didik untuk mencatat pola gerak fundamental cabang olahraga atletik yang telah dipelajari dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
4.     Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas dengan penuh disiplin.
15 menit

I.     Penilaian
1.          Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah                  :
Kelas/Semester                 : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran               : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6







2.         Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan  lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)

Permainan Atleik
1.     Siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan Atletik
2.     Siswa dapat Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan Atletik
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep spesifik dalam permainan atletik
Uraian




Uraian



Uraian
1




1



1


2)       Bentuk Instrumen
Nama                            : ...........................................................
Kelas                             : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL
1.
Fakta
a.      Sebutkan teknik dasar tolak peluru
2.
Konsep
b.      Jelaskan manfaat pegangan, awalan, tolakan dan sikap akhir ?
c.      Sebutkan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat awalan, tolakan dan gerakan akhir !
3.
Prosedur
d.      Jelaskan cara melakukan teknik dasar awalan, tolakan dan gerakan akhir!

3)       Pedoman Penskoran
a)    Soal nomor 1
1.    Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
2.    Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
3.     Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap

b)    Soal nomor 2
1.    Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
2.    Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
3.    Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
4.     Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap

c)      Soal nomor 3
1.    Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
2.    Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
3.     Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap

d)     Soal nomor 4
1.    Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
2.    Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
3.    Skor 2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.

4)       Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang
















b.          Penugasan
1)       Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                               : SMPN
Kelas/ Semester                              : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran                            : 2017/2018
Mata Pelajaran                              : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan  lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)

Permainan Atletik
Siswa dapat menjelaskan keterampilan cara pegangan, awalan, tolakan dan gerakan lanjutan pada permainan Atletik
Penugasan

2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar cara pegangan, awalan, tolakan dan gerakan lanjutan dalam permainan  atletik sertakan pula gambarnya!

3. Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi  permainan lomba  sesuai dengan keterampilan dasar cara pegangan, awalan, tolakan dan gerakan lanjutan dalam permainan atletik nomor tolak peluru
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
    Lakukan teknik tolak peluru
No
Nama Siswa
Sikap Awal
Gerakan
Tolakan
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                           
          Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses               =  ----------------------------------------- X 100%
                                                             Jumlah skor maksimal

3)    Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor : Pelaksanaan Tolakan Pada tolak peluru
Sikap awal



Skor 3 jika : Sikap Awal melakukkan tolakan
(1) Berdiri dengan kaki terbuka, berat badan di atas kaki kanan yang mengarah ke  belakang dan dibengkokkan.
(2) badan berputar ke belakang dan merendah sedikit dan lengan kiri di lipat di depan dada.
(3)  putar kaki kanan ke depan, putar dan luruskan badan.
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar

·       Pelaksanaan gerak
Skor 3 jika:
(1)     Berdiri dengan kaki kiri menghadap ke depan, badan tegak dan berputar sedikit ke samping.
(2)     Berjingkat ke depan dengan badan condong ke belakang, kaki kanan mendarat terlebih dahulu, kemudian di susul oleh kaki kiri.
(3)     Tolakan segera setelah kaki kiri mendarat dengan tujuan mempelajari gerak meluncur dan di sambung dengan gerakkan akhir(tolakan).
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu  kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar

·       Pelaksanaan akhir (Kembali ke sikap semula)
Skor 3 jika:
(1)       Pandangan mata ke arah lemparan peluru.
(2)       Badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(3) lengan yang melempar peluru berada di depan dengan posisi badan rileks.
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar

Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (Tolak Peluru)
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifiksi Nilai
Putera
Puteri
... > 4.50 Meter
... > 3.50 Meter
100%
Sangat Baik
4.00 – 4.49 Meter
3.00 – 3.49 Meter
90%
Baik
3.50 – 3.99 Meter
2.50 – 2.99 Meter
80%
Cukup
3.00 – 3.49 Meter
2.00 – 2.49 Meter
70%
Kurang
... < 3.00 Meter
... < 2.00 Meter
60%
Kurang Sekali

1)       Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang









4.      Program Remedial dan Pengayaan
a.       Remedial
1.    Keterampilan
 Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
a.         Melakukan latihan teknik Tolak peluru dengan metode pert and whole

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







                                          2.     Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik dasar dalam Tolak peluru!
b. Jelaskan Cara melakukan tolak peluru !


b.       Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive