RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : X/Satu
Materi
Pokok : Zaman
Pra - Aksara
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A.
Kompetensi Inti
K.I Memahami dan menerapkan pengetahuan
factual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
K.I Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami dan menerapkan konsep berfikir
kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
3.2 Memahami corak kehidupan masyarakat pada
masa zaman pra-aksara
3.3 Menganalisis asal-usul nenek moyang bangsa
Indonesia (Proto, Deutero Melayu, dan Melanesoid)
3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi hasil
budaya pra-aksara Indonesia yang termasuk yang berada di lingkungan terdekat
3.5 Menyajikan informasi mengenai keterkaitan
antara kondep berfikir kronologis ( diakronik), singkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah.
3.6 Menyajikan hasil penalaran mengenai corak
kehidupan masyarakat pada masa pra-aksara dalam bentuk tulisan
3.7 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari
informasi mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero
Melayu, dan Melanesoid)
3.8 Menalar informasi mengenai hasil budaya
pra-aksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan
menyajikannya dalam bentuk tulisan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Menunjukkan nilai-nilai
syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa anugerah pemahaman terhadap kehidupan masa
lalu pada zaman praaksara.
2.
Menunjukkan nilai-nilai
toleransi antar umat beragama dengan saling menghargai peninggalan hasil budaya
pada zaman praaksara.
3.
Menunjukkan sikap
tanggung jawab terhadap peninggalan hasil budaya pada zaman praaksara.
4.
Menunjukkan sikap
peduli terhadap zaman praaksara.
5.
Menunjukkan sikap jujur
dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
6.
Menunjukkan sikap tanggungjawab
dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
7.
Menjelaskan pengertian
zaman praaksara.
8.
Membandingkan
pengertian zaman praaksara dengan pengertian prasejarah.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan
mampu;
1.
menjelaskan pengertian zaman praaksara
2.
membandingkan pengertian praaksara
dengan pengertian prasejarah.
3. menunjukkan
contoh konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam
menulis sejarah.
E.
Materi
Pembelajaran :
1. Arti
zaman prasejarah dan berakhirnya zaman prasejarah serta bukti berakhirnya
zaman prasejarah
2. Alat
budaya terkenal pertama masyarakat prasejarah berdasarkan bahan yang digunakan
3. Zaman
antara prasejarah dan sejarah adalah proto sejarah , serta bukti berakhirnya prasejarah adalah tujuh buah prasasti yupa
peninggalan kerajaan Kutai di Kalimantan Timur
4. Menghargai
hasil budaya yang berasal dari zaman
prasejarah
F. Pendekatan, Strategi
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Cooperative
Jigsaw
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk
proses belajar
mengajar
·
Guru menyampaikan topik tentang zaman “sebelum
mengenal tulisan”
(Pra-Aksara)
·
Guru memberikan motivasi dan bersyukur bisa
bersekolah, apalagi kalau
dibandingkan dengan zaman praaksara dulu
·
Guru
bertanya tentang kegunaan belajar sejarah bagi kehidupan peserta didik
·
Guru menegaskan tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai.
·
Peserta didik dibagi kedalam 2 kelompok, yang setiap kelompok terdiri dari 5 orang.
·
Guru menegaskan kembali tentang topik dan
menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai.
|
15 menit
|
Inti
|
·
Sebelum peserta didik mempelajari pengertian
praaksara dan makna
prasejarah, guru menunjukkan ilustrasi/gambar tentang
kehidupan manusia purba.
·
Peserta didik disajikan cerita tentang realitas
kehidupan masyarakat pedalaman
Indonesia yang belum mengenal tulisan. Misalnya cerita
Suku Anak Dalam di Jambi.
·
Peserta didik kemudian diberikan gambaran bahwa
saat ini di Indonesia
masih ada masyarakat yang belum mengenal tulisan (praaksara)
seperti yang terjadi pada masyarakat Suku Anak Dalam. Lalu
yang penjadi pertanyaan adalah apa yang dimaksud dengan
masa praaksara? Jika dikaitkan dengan peradaban awal,
bagaimana cara kita meneliti masa ketika manusia belum mengenal
tulisan.
·
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
hasil kajian tentang pengertian masa praaksara dan bagaimana cara melakukan
penelitian ketika manusia belum mengenal tulisan
·
Dengan sikap yang baik dan santun, setiap kelompok
membacakan hasil mengkaji referensi
yang sudah didiskusikan dengan kelompoknya, dan kelompok lainnya menanggapi.
|
60 menit
|
Penutup
|
· Peserta
didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi tersebut.
· Klarifikasi/kesimpulan
peserta didik dibantu oleh guru menyimpulkan diskusi kelompoknya.
·
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal uji
kompetensi untuk mengukur sejauh mana
ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Sebelum mengakhiri pelajaran, peserta didik dapat
ditanyakan tentang
nilai-nilai apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
·
Peserta didik diminta untuk menuliskan suatu
peristiwa di masa lalu yang pernah dialaminya dengan memperhatikan konsep
berpikir sinkronis. Tugas dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
|
15
menit
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
a. Tes
Uraian sebagai
Uji Kompetensi (terlampir)
b. Non
Tes
Lembar
pengamatan siswa (terlampir)
I.
Sumber
Belajar
·
Buku sumber Sejarah SMA
X
- Buku sumber : Sejarah Indonesia, Restu Gunawan dkk,
Kemendikbud 2013
- Soekmono, R. 1985. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1.
Yogyakarta: Kanisius.
- Yamin, Muhammad. 1966. Lukisan Sedjarah.
Djakarta: Djambatan.
·
Media Pembelajaran
- White board
- Power
point
- LCD
- Internet
(Google Maps)
- Peta
Sejarah
Mengetahui, Purwakarta, ...............................
Kepala Sekolah, Guru Mapel Sejarah
…………………….. ………………
No comments:
Post a Comment