Saturday, July 7, 2018

RPP Sejarah Indonesia Kelas X Semester 1 (Zaman Pra Aksara)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMA
Mata Pelajaran                      : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester                      : X/Satu
Materi Pokok                         : Zaman Pra - Aksara
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 Menit

A.    Kompetensi Inti
K.I  Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
K.I  Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
 
B.     Kompetensi Dasar
3.1   Memahami dan menerapkan konsep berfikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
3.2    Memahami corak kehidupan masyarakat pada masa zaman pra-aksara
3.3    Menganalisis asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu, dan Melanesoid)
3.4    Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya pra-aksara Indonesia yang termasuk yang berada di lingkungan terdekat
3.5    Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara kondep berfikir kronologis ( diakronik), singkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.
3.6    Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada masa pra-aksara dalam bentuk tulisan
3.7    Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu, dan Melanesoid)
3.8    Menalar informasi mengenai hasil budaya pra-aksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan menyajikannya dalam bentuk tulisan  

     
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.         Menunjukkan nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa anugerah pemahaman terhadap kehidupan masa lalu pada zaman praaksara.
2.         Menunjukkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama dengan saling menghargai peninggalan hasil budaya pada zaman praaksara.
3.         Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap peninggalan hasil budaya pada zaman praaksara.
4.         Menunjukkan sikap peduli terhadap zaman praaksara.
5.         Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
6.         Menunjukkan sikap tanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
7.         Menjelaskan pengertian zaman praaksara.
8.         Membandingkan pengertian zaman praaksara dengan pengertian prasejarah.

D.    Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu;
1.      menjelaskan pengertian zaman praaksara
2.      membandingkan pengertian praaksara dengan pengertian prasejarah.
3.      menunjukkan contoh konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam menulis sejarah.

E.     Materi Pembelajaran :

1.     Arti zaman prasejarah dan berakhirnya zaman prasejarah serta bukti berakhirnya zaman      prasejarah
2.     Alat budaya terkenal pertama masyarakat prasejarah berdasarkan bahan yang digunakan
3.     Zaman antara prasejarah dan sejarah adalah proto sejarah , serta bukti berakhirnya prasejarah adalah tujuh buah prasasti yupa peninggalan kerajaan Kutai di Kalimantan Timur
4.     Menghargai hasil budaya  yang berasal dari zaman prasejarah
F.     Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran

Pendekatan                         : Saintifik
Strategi                   : Cooperative Jigsaw
Metode                   : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·     Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar
·     Guru menyampaikan topik tentang zaman “sebelum mengenal tulisan” (Pra-Aksara)


·     Guru memberikan motivasi dan bersyukur bisa bersekolah, apalagi kalau dibandingkan dengan zaman praaksara dulu
·     Guru  bertanya tentang kegunaan belajar sejarah bagi kehidupan peserta didik
·     Guru menegaskan tentang topik  dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
·     Peserta didik dibagi kedalam 2 kelompok,  yang setiap kelompok terdiri dari 5 orang.
·     Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.

15 menit
Inti
·     Sebelum peserta didik mempelajari pengertian praaksara dan makna prasejarah, guru menunjukkan ilustrasi/gambar tentang kehidupan manusia purba.
·     Peserta didik disajikan cerita tentang realitas kehidupan masyarakat pedalaman Indonesia yang belum mengenal tulisan. Misalnya cerita Suku Anak Dalam di Jambi.
·     Peserta didik kemudian diberikan gambaran bahwa saat ini di Indonesia masih ada masyarakat yang belum mengenal tulisan (praaksara) seperti yang terjadi pada masyarakat Suku Anak Dalam. Lalu yang penjadi pertanyaan adalah apa yang dimaksud dengan masa praaksara? Jika dikaitkan dengan peradaban awal, bagaimana cara kita meneliti masa ketika manusia belum mengenal tulisan.
·     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya hasil kajian tentang pengertian masa praaksara dan bagaimana cara melakukan penelitian ketika manusia belum mengenal tulisan
·     Dengan sikap yang baik dan santun, setiap kelompok membacakan  hasil mengkaji referensi yang sudah didiskusikan dengan kelompoknya, dan kelompok lainnya menanggapi.

60 menit
Penutup
·     Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi tersebut.
·     Klarifikasi/kesimpulan peserta didik dibantu oleh guru menyimpulkan diskusi kelompoknya.
·     Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal uji kompetensi  untuk mengukur sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran
·     Sebelum mengakhiri pelajaran, peserta didik dapat ditanyakan tentang nilai-nilai apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
·     Peserta didik diminta untuk menuliskan suatu peristiwa di masa lalu yang pernah dialaminya dengan memperhatikan konsep berpikir sinkronis. Tugas dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
15    menit

H.    Penilaian Hasil Belajar
a.     Tes
Uraian sebagai Uji Kompetensi (terlampir)
b.    Non Tes
Lembar pengamatan siswa (terlampir)

I.       Sumber Belajar
·       Buku sumber Sejarah SMA X
-       Buku sumber : Sejarah Indonesia, Restu Gunawan dkk, Kemendikbud 2013

-       Soekmono, R. 1985. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1. Yogyakarta: Kanisius.
-       Yamin, Muhammad. 1966. Lukisan Sedjarah. Djakarta: Djambatan.

·       Media Pembelajaran
-       White board
-       Power point
-       LCD
-       Internet (Google Maps)
-       Peta Sejarah


Mengetahui,                                                                Purwakarta, ...............................
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mapel Sejarah



……………………..                                                                          ………………


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive