RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Permainan Bola Kecil
(Tenis Meja)
Alokasi Waktu : 1 Kali Pertemuan ( 3 JP )
A.
Kompetensi Inti
1.
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Mencoba,
mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang atau teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memahami
konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau
tradisional. *)
4.2 Mempraktikkan gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
|
3.2.1.
Mengidentifikasikan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand,
memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet
dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
3.2.2.
Menjelaskan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand,
memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet
dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
3.2.3.
Menjelaskan cara melakukan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan
backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi
gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan
tenis meja.
4.2.1. Melakukan berbagai gerak
memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand
dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand
dan backhand permainan tenis meja.
4.2.2. Menggunakan berbagai
gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand
dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand
dan backhand permainan tenis meja dalam bentuk sederhana dengan
peraturan yang dimodifikasi.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama.
a.
Siswa
dapat mengidentifikasikan berbagai gerak memegang bet, servis forehand
dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan
variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan
tenis meja.
b.
Siswa dapat menjelaskan berbagai
gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand
dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand
dan backhand permainan tenis meja.
c.
Siswa dapat melakukan dan
menggunakan berbagai gerak memegang bet,
servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand,
dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan
tenis meja
D.
Materi Pembelajaran
Tema : Permainan Bola Kecil
Sub Tema : Permainan Tenis Meja
1.
Materi Pembelajaran reguler
·
berbagai gerak spesifik memegang
bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand,
dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
2.
Materi Pembelajaran Remedial
Materi regular yang
disederhanakan dengan cara latihan bagian per bagian
3.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi regular yang
dikembangkan ddalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan yang
dimodifikasi
E.
etode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Penekatan model pembelajaran Problem Based
Learning
F.
Media
dan alat / bahan
1..
Media
Infocus
Lapangan Tenis Meja
2..
Alat dan Bahan
Bola Tenis Meja = 10
Bet =
10
Pluit
G. Sumber
belajar
a. Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan 2015. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs
Kelas VII cetakan Ke-1 Jakarta : Kementrian pendidikan dan Kebudayaan
b. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.2015.Buku peserta didik Pendidikan Jasmani , Olahraga
dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VII cetakan Ke-1 Jakarta : Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan
c. Audio visual Permainan Tenis Meja
H.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah/
tahap
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
||
Pendahuluan
|
a.
Berbaris dan berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik.
b.
Guru mengecek kehadiran
dan mempertanyakan
keadaan atau kondisi kesehatan peserta
didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti
aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan permainan.
c.
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara, mengajukan
pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui
seberapa jauh kompetensi awal siswa pada materi yang akan dipelajari sekaligus
untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari.
d.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari serta
kriteria penilaiannya
e.
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan
pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh
tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti
melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak
pemanasan, jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru
langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan
sementara).
|
15’
|
||
Kegiatan
Inti
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
|
·
Guru dan siswa melihat bersama-sama melihat tayangan visual tentang
servis, forehand dan backhand dalam permainan tenis meja.
·
Siswa diminta menetapkan satu materi yang dianggap oleh mereka menarik
dan cukup sulit
|
90’
|
||
Tahap 2
Organisasi belajar
|
·
Guru mengeksplorasi pengetahuan anak tentang teknik
forehand dalam permainan tenis meja setelah melihat tayangan visual
·
Guru memberitahu beberapa poin yang penting untuk
diketahui oleh siswa tentang teknik dasar forehand dalam permainan tenis
meja, diantaranya : Grif, stance, footwork dan stroke.
·
Siswa dibagi empat kelompok :
1.
Kelompok satu grip
2.
Kelompok dua stance
3.
Kelompok tiga footwork
4.
Kelompok empat stroke
|
|||
Tahap
3
Penyelidikan individual maupun kelompok
|
·
Tiap kelompok diberi tugas untuk mengumpulkan imformasi
sebanyak-banyaknya dari berbagai media atau wawancara sesuai dengan tugas
kelompok masing-masing
|
|||
Tahap 4
Pengembangan dan
penyajian hasil penyelesaian masalah
|
· Tiap kelompok mencoba hasil
temuanya dalam bentuk demontrasi gerak
· Setiap kelompok mencoba seluruh teknik dasar forehand
· Setiap kelompok menampilkan
keseluruhan teknik dasar forehand
|
|||
Tahap 5
Analisis dan evaluasi
proses penyelesaian masalah
|
·
Siswa
dari kelompok masing-masing mempresentasikan hasil temuanya diantaranya
kesukaran saat melakukan teknik dasar permainan tenis meja, cara melaksanakan
teknik dasar forehand yang benar.
·
Guru
bersama-sama peserta didik
menyimpulkan dan merefleksi mengenai teknik dasar forehand yang baik.
|
|||
Penutup
|
a.
Dengan
bimbingan guru peserta
didik melakukan pelemasan/pendinginan
b.
Peserta didik bersama guru, melakukan refleksi tanya jawab terhadap materi yang telah dipelajari.
c.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan konsep gerakan teknik dasar forehand pada
permainan tenis meja
d.
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari pada minggu yang akan datang.
e.
Mengakhiri
pembelajaran dengan doa untuk
mensyukuri keselamatan dan kesehatan dalam pembelajaran
f.
Setiap
kelompok mengembalikan alat ke tempat penyimpanan dengan tertib.
|
15’
|
I.
Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Penilaian Sikap Spritual dan
social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama
Sekolah :
Kelas/Semester : VII/ Semester 1
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda Tangan
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1)
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3.
2. Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan
bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
|
Permainan Tenis
meja
|
1.
Siswa dapat mengidentifikasi
konsep gerak spesifik dalam permainan Tenis meja
2.
Siswa dapat Menjelaskan
konsep gerak speifik dalam permainan Tenis meja
3.
Siswa dapat Menjelaskan
cara melakukan konsep spesifik dalam permainan tenis meja
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk Instrumen
Nama : ...........................................................
Kelas :
...........................................................
NO
|
Asfek
dan Uji tulis
|
Jawaban
|
1
|
Fakta
a. Tuliskan dua jenis Stroke pada permainan
tenis meja.
|
|
2
|
Konsep
a. Jelaskan secara
tertulis prinsif melakukan teknik dasar forehand pada
permainan tenis meja.
|
|
3
|
Prosedur
a. Jelaskan secara
tertulis cara melakukan teknik dasar farehand dalam permainan
tenis meja.
|
|
3) Pedoman
penskoran
a) Soal
nomor 1
Skor
5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor
4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor
3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor
2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b) Soal
nomor 2
Skor
5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor
4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor
3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor
2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c) Soal
nomor 3
Skor
5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor
4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor
3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor
2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d) Soal
nomor 4
Skor
5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor
4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor
3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor
2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4) Pengolahan
skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60
X 100
Rentang
nilai pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b.
Penugasan
1)
Kisi-kisi
Penugasan
Nama
Sekolah : SMPN
Kelas/
Semester : VII/
Semester 1
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Mata
Pelajaran : PJOK
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
1
|
3. 2. Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan
bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
|
Permainan Tenis meja
|
Siswa dapat
menjelaskan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve pada
permainan Tenis meja
|
Penugasan
|
2) Soal Penugasan
Deskripsikan
prosedur teknik dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan tenis meja sertakan pula gambarnya!
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Tes Kerampilan
1)
Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas (Keterampilan)
|
Siswa melakukan modifikasi permainan teni meja sesuai dengan keterampilan dasar pukulan forehand,
backhand dan serve dalam permainan tenis meja
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment
of Learning )
|
2)
Bentuk Tes
Siswa diminta untuk melakukan
gerak spesifik pukulan forehand permainan tenis meja yang dilakukan
berpasangan, berkelompok dalam bentuk bermain. Unsur-unsur
yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan
ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
3) Pedoman
penskoran
(1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor
baik jika:
(1)
pandangan mata ke arah datangnya bola
(2)
badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua
kaki.
(3)
lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan.
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
(2)
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor baik jika:
(1) pandangan mata ke arah lajunya bola
(2) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya
terletak di antara dua kaki.
(3) kedua lengan diayun kearah depan, sehingga arah gerak
bola membentuk lintasan lurus.
(4) salah satu kaki kemudian kedua tungkai diluruskan
hingga kaki jingjit bersamaan dengan memukul bola.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang
dilakukan secara benar.
(3)
Sikap akhir melakukan gerakan
Skor baik jika :
(1) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya
terletak di antara kedua kaki
(2) kedua telapak tangan beraga di depan menghadap ke
bawah dengan lengan diluruskan ke depan secara rileks.
(3) kedua tungkai sedikit ditekuk dengan lutut tetap
menghadap ke depan dan di buka selebar bahu.
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria
yang dilakukan secara benar.
Perolehan
Nilai
|
Predikat
Nilai
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… ≥ 20 kali
|
……
≥ 15 kali
|
86
- 100
|
Sangat Baik
|
17 – 19 kali
|
12
– 14 kali
|
71
- 85
|
Cukup
|
........ ≤ 13 kali
|
........
≤ 8 kali
|
........
≤ 55
|
Kurang
|
Rentang
nilai pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4.
Program Remedial
dan Pengayaan
a.
Remedial
1. Keterampilan
Mengulang
materi regular dengan lebih disederhanakan sedemikian
rupa dengan cara modifikasi dengan menggunankan metode part and whole
Format
Remedial
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VII
|
Tanggal Ulangan Harian
|
:
..................................................................................
|
Tanggal Remidial
|
:
..................................................................................
|
No.
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan
Tenis Meja!
b.
Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan Tenis Meja !
b.
Pengayaan
Materi
reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan
yang sederhana.
No comments:
Post a Comment