Wednesday, July 11, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Permainan Bola Kecil (Tenis Meja)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                               : SMP
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VIII / 1
Materi Pokok                       : Permainan Bola Kecil (Tenis Meja)
Alokasi Waktu                     : 1 Kali Pertemuan ( 3 JP )

A.       Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
4.2    Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
3.2.1. Mengidentifikasikan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
3.2.2. Menjelaskan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
3.2.3. Menjelaskan cara melakukan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
4.2.1. Melakukan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
4.2.2. Menggunakan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja dalam bentuk sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi.


C.       Tujuan Pembelajaran
1.     Pertemuan Pertama.
                        a.          Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
                        b.          Siswa dapat menjelaskan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
                       c.          Siswa dapat melakukan dan menggunakan  berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja

D.        Materi Pembelajaran
Tema            : Permainan Bola  Kecil
Sub Tema    : Permainan Tenis  Meja

1.     Materi Pembelajaran  reguler
·         berbagai gerak spesifik memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand  permainan tenis meja.

2.     Materi Pembelajaran Remedial
Materi regular yang disederhanakan dengan cara latihan bagian per bagian

3.     Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi regular yang dikembangkan ddalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi

E.       etode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Penekatan model pembelajaran Problem Based Learning

F.        Media dan alat / bahan
1.. Media
    Infocus
    Lapangan Tenis Meja
2.. Alat dan Bahan
    Bola Tenis Meja = 10
    Bet                            = 10
    Pluit

G.     Sumber belajar
a.   Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2015. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VII cetakan Ke-1 Jakarta : Kementrian pendidikan dan Kebudayaan
b.   Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2015.Buku peserta didik Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VII cetakan Ke-1 Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
c.   Audio  visual Permainan Tenis Meja

H.      Kegiatan Pembelajaran

Langkah/
tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.        Berbaris dan berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik.
b.        Guru mengecek kehadiran dan mempertanyakan keadaan atau kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan permainan.
c.        Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara, mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal siswa pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
d.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari serta kriteria penilaiannya
e.        Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara).
15’
Kegiatan Inti
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
·       Guru dan siswa melihat bersama-sama melihat tayangan visual tentang servis, forehand dan backhand dalam permainan tenis meja.
·       Siswa diminta menetapkan satu materi yang dianggap oleh mereka menarik dan cukup sulit
90’
Tahap 2
Organisasi belajar
·       Guru mengeksplorasi pengetahuan anak tentang teknik forehand dalam permainan tenis meja setelah melihat tayangan visual
·       Guru memberitahu beberapa poin yang penting untuk diketahui oleh siswa tentang teknik dasar forehand dalam permainan tenis meja, diantaranya : Grif, stance, footwork dan stroke.
·       Siswa dibagi empat kelompok :
1.                              Kelompok satu grip


 



2.                              Kelompok dua stance
3.                              Kelompok tiga footwork
4.                              Kelompok empat stroke

Tahap 3
Penyelidikan individual maupun kelompok
·       Tiap kelompok diberi tugas untuk mengumpulkan imformasi sebanyak-banyaknya dari berbagai media atau wawancara sesuai dengan tugas kelompok masing-masing

Tahap 4
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
·       Tiap kelompok mencoba hasil temuanya dalam bentuk demontrasi gerak
·       Setiap kelompok mencoba  seluruh teknik dasar forehand
·       Setiap kelompok menampilkan keseluruhan teknik dasar forehand
Tahap 5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
·       Siswa dari kelompok masing-masing mempresentasikan hasil temuanya diantaranya kesukaran saat melakukan teknik dasar permainan tenis meja, cara melaksanakan teknik dasar forehand yang benar.
·       Guru bersama-sama peserta didik  menyimpulkan dan merefleksi mengenai teknik dasar forehand yang baik.
Penutup
a.        Dengan bimbingan guru peserta didik melakukan pelemasan/pendinginan
b.        Peserta didik bersama guru, melakukan refleksi tanya jawab terhadap materi yang telah dipelajari.
c.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan konsep gerakan teknik dasar forehand pada permainan tenis meja
d.        Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada minggu yang akan datang.
e.        Mengakhiri pembelajaran dengan  doa untuk mensyukuri keselamatan dan kesehatan dalam pembelajaran
f.         Setiap kelompok mengembalikan alat ke tempat penyimpanan dengan tertib.
15’


I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah  :
Kelas/Semester : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran               : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






2.     Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)         Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3. 2. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Tenis meja
1.     Siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan Tenis meja
2.     Siswa dapat Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan Tenis meja
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep spesifik dalam permainan tenis meja
Uraian



Uraian



Uraian
1



1



1

2)       Bentuk Instrumen
Nama                                            : ...........................................................
Kelas                                             : ...........................................................
NO
Asfek dan Uji tulis
Jawaban
1
Fakta
a. Tuliskan dua jenis Stroke pada   permainan tenis meja.

2
Konsep
a. Jelaskan secara tertulis prinsif melakukan teknik dasar forehand pada permainan tenis meja.

3
Prosedur
a. Jelaskan secara tertulis cara melakukan teknik dasar farehand dalam permainan tenis meja.


3)       Pedoman penskoran
a)    Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)     Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)     Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)     Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)       Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang



b.          Penugasan
1)         Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                         : SMPN
Kelas/ Semester                       : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran                      : 2017/2018
Mata Pelajaran                        : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3. 2. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Tenis meja
Siswa dapat menjelaskan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve pada permainan Tenis meja
Penugasan

2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan  tenis meja sertakan pula gambarnya!

3.     Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi  permainan teni meja sesuai dengan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan  tenis meja
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Siswa diminta untuk melakukan gerak spesifik pukulan forehand permainan tenis meja yang dilakukan berpasangan, berkelompok dalam bentuk bermain. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap awal
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                  Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                                           Jumlah skor maksimal

3) Pedoman penskoran
    (1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor baik jika:
(1) pandangan mata ke arah datangnya bola
(2) badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(3) lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan.
    Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
    Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
 Skor baik jika:
(1) pandangan mata ke arah lajunya bola
(2) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara dua kaki.
(3) kedua lengan diayun kearah depan, sehingga arah gerak bola membentuk lintasan lurus.
(4) salah satu kaki kemudian kedua tungkai diluruskan hingga kaki jingjit bersamaan dengan memukul bola.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(3) Sikap akhir melakukan gerakan
 Skor baik jika :
(1) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(2) kedua telapak tangan beraga di depan menghadap ke bawah dengan lengan diluruskan ke depan secara   rileks.
(3) kedua tungkai sedikit ditekuk dengan lutut tetap menghadap ke depan dan di buka selebar bahu.
     Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
     Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

Perolehan Nilai
Predikat Nilai
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… ≥ 20 kali
…… ≥ 15 kali
86 - 100
Sangat Baik
17 – 19 kali
12 – 14 kali
71 - 85
Cukup
........ ≤ 13 kali
........ ≤ 8 kali
........ ≤ 55
Kurang

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang





4.     Program Remedial dan Pengayaan
                                         a.      Remedial
1.     Keterampilan
Mengulang materi regular dengan lebih disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi dengan menggunankan metode part and whole

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







2.       Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan Tenis Meja!
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan Tenis Meja !

                      b.      Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive