Wednesday, July 11, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK KLS 7 Olahraga dan Kesehatan (Perkembangan Tubuh Remaja)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                    : SMP
Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                        : VII / 1
Materi Pokok               : Olahraga dan Kesehatan (Perkembangan Tubuh Remaja)
Alokasi Waktu             : 1 kali pertemuan (3 Jam Pelajaran)

A.            Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9    Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
4.9       Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
3.9.3. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
1.1.1. Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder danmental.
1.1.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.

C.            Tujuan Pembelajaran
a.     Siswa dapat mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan menta.
b.     Siswa dapat menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental
c.     Siswa dapat mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.


D.            Materi Pembelajaran

Tema                  : Perkembangan Tubuh Remaja
Sub tema                        : Perkembangan Tubuh Remaja

1.                   Materi Reguler
1.         Perkembangan Jasmani
a.              Faktor Keturunan
b.              Faktor pembawaan
c.               Factor luar
d.              Keadaan Gizi
e.               Gangguan kesehatan
f.               Rangsangan
2.         Pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yangmemengaruhi anak usia sekolah
3.         Ciri-ciri sehat dan tanda tanda gangguan kesehatan


2.                   Materi Remedial
Materi Reguler dibuat dalam bentuk makalah
3.                   Materi Pengayan
Materi Reguler dikembangkan dengan cara mencari sumber lain melalui layanan media sosial

E.                 Metode Pembelajaran
a. Ceramah.
b. Diskusi.
c. Penugasan.
d. Windows shoping.
e. Problem-based learning (PBL).
f. Pendekatan Scientific.

F.                  Media dan alat / Bahan
a. Media:
1)  Gambar/poster perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisiksekunder dan mental.
2)  Video pembelajaran tentang perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.

b. Alat dan Bahan:
1)    Ruang kelas
2)    Laktop
3)    Poster
4)    Vidio pembelajaran

G.                Sumber Pembelajaran
1)         Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).
2)         Ilmu faal dan Anatomi tubuh

H.                Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Duduk dengan tertib, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti pembelajaran, tapi harus tetap berada di dalam ruang kelas.
3.      Guru mempertanyakan “bagaimana perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.?”, Apa saja yang mempengaruhi perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut, yaitu : konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental..
5.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
1)     Siswa membaca berbagai informasi tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. dari buku teks pelajaran dan sumber lain.
2)     Siswa membaca berbagai informasi tentang perkembangan tubuh remaja. kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental dari buku teks pelajaran dan sumber lain.
3)     Siswa membaca berbagai informasi tentang perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental dari buku teks pelajaran dan sumber lain.
100 menit
Tahap 2 Organisasi Belajar
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mencatat klasifikasi apa yang telah diamati.
2)    Siswa saling mempertanyakan “tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru?
3)    Siswa saling mempertanyakan “tentang perkembangan tubuh remaja kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru?
4)    Siswa saling mempertanyakan “tentang pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru?
5)    Siswa saling mempertanyakan “tentang ciri-ciri gangguan kesehatan yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru?
6)    Siswa menggembangkan penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dari berbagai sumber
Tahap 3 Penyelidikan Individu atau kelompok
1)  Siswa diberi kebebasan mencari informasi tentan permasalahan yang dipertanyakan dalam permaianan bola basket.
2)  Siswa mengolah hasil peyelidikannya bersama denggan kelompoknya
3)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dari depan dada, atas kepala, samping, dan memantul ke lantai secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dari depan dada, atas kepala, samping, dan memantul ke lantai secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak ke kiri, ke kanan, ke depan, dan kebelakang. Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
5)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dari depan dada, atas kepala, samping, dan memantul ke lantai secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan dalam formasi segitiga. Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
6)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dari depan dada, atas kepala, samping, dan memantul ke lantai secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan dalam formasi berbanjar. Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya
Tahap 4 Penggembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
1)  Siswa menyampaikan informasi data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental
2)  Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental
3)  Siswa menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kelemahan perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental
4)  Siswa menarik kesimpulan dan menyusun laporan tentang perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental
Tahap 5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
1) Siswa mendiskusikan tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya.
2) Siswa mendiskusikan tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya.
3) Siswa mendiskusikan tentang pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya.
4) Siswa mendiskusikan tentang ciri-ciri gangguan kesehatan secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya.

Penutup

1.        Salah satu siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi, guru mempertanyakan apa manfaat hasil kesimpulan tersebut.
2.        Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat berdiskusi.
3.        Guru menginformasikan kepada siswa kelompok yang paling baik penampilannya selama melakukan diskusi.
4.        Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang konsep pola hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit, gaya hidup sehat dan gaya hidup tidak sehat kaitannya dengan berbagai penyakit, gaya hidup sehat yang mempengaruhi kesehatan, dan usaha kesehatan sekolah (UKS). Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.        Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit



I.              Penilaian Pembelajaran
1.     Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial

Nama Sekolah  :
Kelas/Semester : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran               : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6














2.        Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3.9 Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.

Perkembangan Tubuh
1.     Siswa dapat mengidentifikasi Siswa dapat Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
2.     Siswa dapat Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder.
Uraian






Uraian





Uraian
1






1





1

2)       Bentuk Instrumen
Nama                           : ...........................................................
Kelas                             : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a. Tuliskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder.
b. Tuliskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan mental.

2.
Konsep
a. Jelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder.
b. Jelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan mental

3.
Prosedur
a. Jelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
b. Jelaskan cara menerapkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.


3)         Pedoman penskoran
a)    Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)    Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)    Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)    Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)       Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan siswa: SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang









b.          Penugasan
1)       Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                               : SMPN
Kelas/ Semester                              : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran                            : 2017/2018
Mata Pelajaran                              : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3.9 Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental
Pertumbuhan Tubuh
Siswa dapat menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder.
Penugasan

2)       Soal Penugasan
Deskripsikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder.sertakan pula gambarnya!

3.        Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan Disskusi perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Bentuk Instrumen Unjuk Kerja
Siswa diminta untuk mendiskusikan tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental yang berhubungan dengan pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah dan Ciri-ciri gangguan kesehatanyang dilakukan secara berkelompok atau dalam bentuk diskusi.

Nama                                         : ...........................................................
Kelas                                          : ...........................................................
Petugas Pengamatan              : ...........................................................

No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
Baik
(3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1.
Persiapan awal menyiapkan materi diskusi



2.
Pelaksanaan melakukan diskusi



3.
Menyimpulkan hasil diskusi



Skor Maksimal (9)



3)      Pedoman penskoran
Skor Baik jika :
(1)       mempersiapkan bahan diskusi
(2)       melengkapi materi materi diskusi
(3)       sistimatika penyusunan materi diskusi
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
a)    Pelaksanaan melakukan diskusi
Skor Baik jika :
(1)       membuka diskusi
(2)       menyampaikan materi dengan sistimatis
(3)       ketepatan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan runtun
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
b)    Menyimpulkan hasil diskusi
Skor Baik jika :
(1)        menyimpulkan hasil diskusi
(2)       menyusun laporan secara sistimatis
(3)       kelengkapan laporan hasil diskusi
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

2.          Penilaian hasil/produk penyajian konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental yang berhubungan dengan pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah dan Ciri-ciri gangguan kesehatan dengan cara :
(1)       Siswa diminta untuk membuat makalah tentang pola hidup sehat.
(2)       Kemudian makalah tersebut dipresentasikan oleh siswa di depan kelas secara berkelompok.
(3)       Petugas menilai kelengkapan materi, sistematika materi, dan kerapihan materi, dan ketepatan melakukan diskusi yang dilakukan oleh siswa.
(4)       Ketepatan diskusi yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
No.
Jenis Gerakan
Kriteria Pengskoran
1.
Kelengkapan materi
3
2.
Sistematika penyusunan materi
3
3.
Ketepatan dalam penyusunan materi
3
4.
Ketepatan dalam menyampaikan materi
3
5.
Ketepatan dalam menyusun laporan diskusi
3
Jumlah Skor Maksimal
15










Pengolahan skor keterampilan proses dan skor keterampilan hasil diskusi menjadi skor akhir.
                          Skor penilaian proses X 70%            = .............. ditambah dengan
                          Skor hasil diskusi X 30%    = .............. sama dengan ............

Rentang nilai Keterampilan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang














4.        Program Remedial dan Pengayaan
a.     Remedial
1.     Keterampilan
Mengulang materi regular dengan merangkum sebuah laporan tentang pola hidup sehat
Format Remedial
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5








2.       Pengetahuan
a.  Jelaskan pengertan pola hidup sehat !
b. Jelaskan pola hidup sehat dapat mencegah berbagai penyakit !

b.     Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan membbbuat laporan dengan sumber yang lebih luas melalui Media social yang tersedia.

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive