Wednesday, July 11, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK KLS 7 Permainan Bola Kecil (Kasti)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               : SMP
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VII / 1
Materi Pokok                       : Permainan Bola Kecil (Kasti)
Alokasi Waktu                     : 3 Kali Pertemuan ( 9 JP )

A.       Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Materi
3.2 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
4.2    Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
3.2.1. Mengidentifikasikan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti.
3.2.2. Menjelaskan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti.
3.2.3. Menjelaskan cara melakukan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti.
4.2.1.Melakukan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti.
4.2.2.Menggunakan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan kasti yang dimodifikasi.

C.       Tujuan Pembelajaran
1.     Pertemuan Pertama
a.     Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai gerak melempar dan menangkap bola permainan kasti
b.     Siswa dapat menjelaskan berbagai gerak melempar dan menangkap  bola permainan kasti
c.     Siswa dapat melakukan  dan  menggunakan berbagai gerak melempar dan menangkap bola dalam bentuk permainan kasti yang dimodifikasi
2.     Pertemuan Kedua
a.     Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai gerak memukul bola permainan kasti
b.     Siswa dapat menjelaskan berbagai gerak memukul bola permainan kasti
c.     Siswa dapat melakukan  dan menggunakan berbagai gerak memukul bola dalam bentuk permainan kasti yang dimodifikasi
3.     Pertemuan Kettiga
a.     Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti
b.     Siswa dapat menjelaskan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti
c.     Siswa dapat melakukan  dan menggunakan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan kasti yang dimodifikasi

D.    Materi Pembelajaran

Tema                            : Permainan Bola Kecil
Sub Tema    : Permainan Kasti

1. Materi Reguler
a. Pertemuan kesatu
1)                   Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan atas (overhand throw).
2)                   Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan samping (side arm throw).
3)                   Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan lecutan tangan.
4)                   Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang bergulir di tanah (ground ball).
5)                   Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang melambung (fly ball).
6)                   Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola lurus (straight ball).

b.       Pertemuan kedua
1)    Gerak dasar keterampilan gerak memukul bola secara perorangan.
2)    Gerak dasar keterampilan gerak memukul bola dengan dioperkan oleh teman (berpasangan).

c.        Pertemuan ketiga
1)    Variasi dan kombinasi melempar, menangkap dan memukul bola yang dilakukan secara berpasangan.
2)    Variasi dan kombinasi melempar, menangkap dan memukul bola yang dilakukan secara berkelompok.

2.     Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)                   Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan atas (overhand throw).
2)                   Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan samping (side arm throw).
3)                   Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan lecutan tangan.
4)                   Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang bergulir di tanah (ground ball).
5)                   Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang melambung (fly ball).
6)                   Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola lurus (straight ball).
7)                   Gerak dasar keterampilan gerak memukul bola secara perorangan.

3.     Materi Pengayaan
Materi Reguler yang dikembangkan dalam bentuk permainan yang sesungguhnya dengan peraturan sederhana.

E.       Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Penddekatan model pembelajaran Disovery Learning

F.        Media dan Alat / bahan  
1.     Media Pembelajaran :
a.     Gambar variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, memukul bola, berlari  menuju base, dan sliding permainan kasti.
b.     Model siswa atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, memukul bola, berlari  menuju base, dan sliding permainan kasti.

2.     Alat Pembelajaran :
a.     Bola kasti atau bola sejenisnya (bola terbuat dari karet, dll).
b.     Lapangan permainan kasti atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket atau halaman sekolah).
c.     Tiang pancang atau sejenisnya.
d.     Peluit dan Stopwatch.
e.     Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

G.      Sumber Pembelajaran
1.     Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
2.     Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
3.     Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013, hal 32 - 36; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.

H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat siswa yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.      Guru mempertanyakan “Siapa pemain kasti idola kalian?”, Apa jenis keterampilan dasar permainan kasti?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : keterampilan gerak melempar dan menangkap permainan kasti.
7.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam  permainan kasti  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan  siswa  lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru
4)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan Siswa lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
5)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku melakukan tugas keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
3)    Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa menerapkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis lempran dan tangkapan digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti  
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.       Salah satu siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.       Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.       Guru menginformasikan kepada siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan kasti.
4.       Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain kasti, manfaat permainan kasti terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.       Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit


Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat siswa yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.      Guru mempertanyakan “Siapa pemain kasti idola kalian?”, Apa jenis keterampilan dasar permainan kasti?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : keterampilan memukul dalam permainan kasti.
7.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan kasti.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan kasti. melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan  siswa  lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik memukul dalam permainan kasti.
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku  melakukan tugas keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan kasti.
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan kasti. secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)       Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
3)    Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa menerapkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis melempar, menangkap dan memukul digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.      Salah satu siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.      Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.      Guru menginformasikan kepada siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan kasti.
4.      Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain kasti, manfaat permainan kasti terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.      Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit


Pertemuan Ketiga
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, jika ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat siswa yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.      Guru mempertanyakan “Siapa pemain kasti idola kalian?”, Apa jenis keterampilan dasar permainan kasti?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti.
7.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Siswa mengamati Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)    Siswa mengamati Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti. melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan  siswa  lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik memukul dalam permainan kasti.
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku  melakukan tugas Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti.
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)     Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti. secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)       Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)       Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
3)    Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)    Siswa menerapkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis melempar, menangkap dan memukul digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan kasti  
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.     Salah satu siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.     Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.     Guru menginformasikan kepada siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan kasti.
4.     Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dalam permainan kasti, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain kasti, manfaat permainan kasti terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.     Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit



I.         Penilaian Pembelajaran
1.    Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial

Nama Sekolah  :
Kelas/Semester : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran               : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6








2.    Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3. 1. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Kasti
1.     Siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan Kasti
2.     Siswa dapat Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan Kasti
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep spesifik dalam permainan Kasti
Uraian




Uraian



Uraian
1




1



1

2)       Bentuk Instrumen
Nama                                  : ...........................................................
Kelas                                    : ...........................................................

No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.      Sebutkan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan kasti!
b.      Sebutkan berbagai keterampilan gerak memukul bola permainan kasti!

2.
Konsep
a.      Jelaskan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan kasti!
b.      Jelaskan berbagai keterampilan gerak memukul bola permainan kasti!

3.
Prosedur
a.      Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan kasti!
b.      Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak memukul bola permainan kasti!


3)       Pedoman penskoran
a)    Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)    Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)     Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)    Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)    Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan siswa: SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang







b.     Penugasan
1.     Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                     : SMPN
Kelas/ Semester    : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran  : 2017/2018
Mata Pelajaran                    : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3. 2. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Kasti
Siswa dapat menjelaskan keterampilan dasar melempar, menangkap dan memukul pada permainan Kasti
Penugasan

2.       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Kasti sertakan pula  gambarnya!


3.    Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi  permainan bulutangkis sesuai dengan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan kasti
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )





2) Bentuk Tes
Lakukan teknik dasar melempar dan memukul bola. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap awal
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                  Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                                           Jumlah skor maksimal

1)       Pedoman penskoran
(1)  Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)  pandangan mata ke arah datangnya bola
(b)  badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c)  lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2)  Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       bola didorong dari depan
(b)       kedua lengan lurus ke depan
(c)       badan dicondongkan ke depan
(d)       pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(3)  Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)  badan tetap condong ke depan
(b)  pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(c)  kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

Kriteria penilaian produk pukulan
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > 25 kali
……. > 20 kali
100%
Sangat Baik
20 – 24 kali
16 – 19 kali
90%
Baik
15 – 19 kali
12 – 15 kali
80%
Cukup
11 – 14 kali
8 – 11 kali
70%
Kurang
…… < 10 kali
…… < 7 kali
60%
Kurang Sekali


Kriteria penilaian produk lemparan dan tangkapan
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > Angka 30
……. > Angka 25
100%
Sangat Baik
Angka 25 – 29
Angka 20 – 24
90%
Baik
Angka 20 – 24
Angka 15 – 19
80%
Cukup
Angka 15 – 19
Angka 11 – 14
70%
Kurang
……. < Angka 14
……. < Angka 10
60%
Kurang Sekali

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang








4.         Program Remedial dan Pengayaan
a.       Remedial
1.     Keterampilan
Mengulang materi regular dengan lebih disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)    Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan atas (overhand throw).
2)    Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan samping (side arm throw).
3)    Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan lecutan tangan.
4)    Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang bergulir di tanah (ground ball).
5)    Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang melambung (fly ball).
6)    Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola lurus (straight ball).
7)    Gerak dasar keterampilan gerak memukul bola secara perorangan.

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







2.     Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan bola Kasti!
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan bola kasti !

b.       Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive