MODEL PEMBELAJARAN
Bruce Joyce dan Marsha Weil (2000) menyatakan bahwa model
pembelajaran merupakan deskripsi dari lingkungan pembelajaran.Deskripsi
tersebut mempunyai banyak penggunaan, mulai dari perencanaan kurikulum, kursus,
unit, dan pelajaran, hingga perancangan material pembelajaran seperti buku,
buku kerja, program multimedia dan program CAI. Mereka mengetengahkan empat kelompok model pembelajaran, yaitu: (1)
model interaksi social (Social Models);
(2) model pengolahan informasi (Information
– Processing Models); (3) model personal-humanistik (The Personal Family of Models); dan (4) model modifikasi tingkah
laku (The Behavioral Systems Family of
Models).Tabel 1 sampai 4 di bawah ini menguraikan secara ringkas
masing-masing model tersebut.
Tabel 1. Model Sosial (Joyce & Weil, 2000: 15)
Model Pembelajaran
|
Pengembang
(pengembang selanjutnya)
|
Partner dalam pembelajaran (Partners in learning)
Ketergantungan positif (Positive
interdependence)
Inkuiri terstuktur (Structured
inquiry)
|
David Johnson
Roger Johnson
Margarita Calderon
Elizabeth Cohen
Robert Slavin
(Aronson)
|
Investigasi Kelompok (Group Investigation)
|
John Dewey
Herbert Thelen
(Shlomo Sharan)
(Bruce Joyce)
|
Bermain Peran
(Role-Playing)
|
Fannie Shaftel
|
Jurisprudential Inquiry
|
Donald Oliver
James Shaver
|
Tabel 2. Model
Pemrosesan Informasi (Joyce & Weil, 2000: 18)
Model Pembelajaran
|
Pengembang
(pengembang selanjutnya)
|
Berfikir induktif/ inductive thinking
(Orientasi klasifikasi - Classification oriented)
|
Hilda Taba
(Bruce Joyce)
|
Pencapaian konsep (Concept attainment)
|
Jerome Bruner
(Fred Lighthall)
(Tennyson)
(Cocchiarella)
(Bruce Joyce)
|
Mnemonics (Memory assist)
|
Michael Pressley
Joel Levin
Richard Anderson
|
Advance organizers
|
David Ausubel
(Lawton and Wanska)
|
Scientific inquiry
|
Joseph Schwab
|
Inquiry Training
|
Richard Suchman
(Howard Jones)
|
Synectics
|
Bill Gordon
|
Tabel 3. Model
Personal (Personal Models)(Joyce
& Weil, 2000:21)
Model Pembelajaran
|
Pengembang
(pengembang selanjutnya)
|
Pengajaran Non direktif (Nondirective teaching)
|
Carl Rogers
|
Meningkatkan kepercayaan diri (Enhancing self esteem)
|
Abraham Maslow
(Bruce Joyce)
|
Tabel 4. Model
Perilaku (Behavioral Models)(Joyce
& Weil, 2000: 23)
Model Pembelajaran
|
Pengembang
(pengembang selanjutnya)
|
Mastery learning
|
Benjamin Bloom
James Block
|
Direct Instruction
|
Tom Good
Jere Brophy
Carl Gereiter
Ziggy Engleman
Wes Becker
|
Simulation
|
Carl Smith
Mary Smith
|
Social Learning
|
Albert Bandura
Carl Thoresen
Wes Becker
|
Programmed schedule (task performance reinforcement
|
B.F. Skinner
|
No comments:
Post a Comment