Wednesday, July 11, 2018

MODEL PEMBELAJARAN MENURUT Bruce Joyce dan Marsha Weil


MODEL PEMBELAJARAN

Bruce Joyce dan Marsha Weil (2000) menyatakan bahwa model pembelajaran merupakan deskripsi dari lingkungan pembelajaran.Deskripsi tersebut mempunyai banyak penggunaan, mulai dari perencanaan kurikulum, kursus, unit, dan pelajaran, hingga perancangan material pembelajaran seperti buku, buku kerja, program multimedia dan program CAI. Mereka mengetengahkan  empat kelompok model pembelajaran, yaitu: (1) model interaksi social (Social Models); (2) model pengolahan informasi (Information – Processing Models); (3) model personal-humanistik (The Personal Family of Models); dan (4) model modifikasi tingkah laku (The Behavioral Systems Family of Models).Tabel 1 sampai 4 di bawah ini menguraikan secara ringkas masing-masing model tersebut.
Tabel 1. Model Sosial (Joyce & Weil, 2000: 15)
Model Pembelajaran
Pengembang
(pengembang selanjutnya)
Partner dalam pembelajaran (Partners in learning)
      Ketergantungan positif (Positive interdependence)



      Inkuiri terstuktur (Structured inquiry)

David Johnson
Roger Johnson
Margarita Calderon
Elizabeth Cohen
Robert Slavin
(Aronson)
Investigasi Kelompok (Group Investigation)
John Dewey
Herbert Thelen
(Shlomo Sharan)
(Bruce Joyce)
Bermain Peran (Role-Playing)
Fannie Shaftel
Jurisprudential Inquiry
Donald Oliver
James Shaver



Tabel 2. Model Pemrosesan Informasi (Joyce & Weil, 2000: 18)
Model Pembelajaran
Pengembang
(pengembang selanjutnya)
Berfikir induktif/ inductive thinking
(Orientasi klasifikasi - Classification oriented)
Hilda Taba
(Bruce Joyce)
Pencapaian konsep (Concept attainment)
Jerome Bruner
(Fred Lighthall)
(Tennyson)
(Cocchiarella)
(Bruce Joyce)
Mnemonics (Memory assist)
Michael Pressley
Joel Levin
Richard Anderson
Advance organizers
David Ausubel
(Lawton and Wanska)
Scientific inquiry
Joseph Schwab
Inquiry Training
Richard Suchman
(Howard Jones)
Synectics
Bill Gordon



Tabel 3. Model Personal (Personal Models)(Joyce & Weil, 2000:21)
Model Pembelajaran
Pengembang
(pengembang selanjutnya)
Pengajaran Non direktif (Nondirective teaching)
Carl Rogers
Meningkatkan kepercayaan diri (Enhancing self esteem)
Abraham Maslow
(Bruce Joyce)


Tabel 4. Model Perilaku (Behavioral Models)(Joyce & Weil, 2000: 23)
Model Pembelajaran
Pengembang
(pengembang selanjutnya)
Mastery learning
Benjamin Bloom
James Block
Direct Instruction
Tom Good
Jere Brophy
Carl Gereiter
Ziggy Engleman
Wes Becker
Simulation
Carl Smith
Mary Smith
Social Learning
Albert Bandura
Carl Thoresen
Wes Becker
Programmed schedule (task performance reinforcement
B.F. Skinner


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive