Sunday, July 8, 2018

Hakikat Senam lantai/Senam Ketangkasan


         Senam lantai atau senam ketangkasan merupakan bagian integral dari cabang olahraga senam secara keseluruhan, yang biasa dilakukan dan dilombakan oleh anak-anak dan orang dewasa yang terlatih. Untuk dapat melakukan senam ketangkasan atau senam lantai diperlukan keterampilan gerak tinggi, koordinasi gerakan yang matang, keberanian, percaya diri yang tinggi, keuletan, ketangkasan dan kekuatan, maka dari itu untuk melakukan senam lantai atau senam ketangkasan dilakukan latihan yang terencana dan sistimatis untuk dapat mencapai tujuan dari pembelajaran khususnya serta dapat menghasilkan atlet-atlet senam yang handal umumnya. Menurut asal katanya senam itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu ”Gymnos” serta ”Gymnastique” dari bahasa Perancis, Gymnos sendiri menurut arti katanya adalah ”telanjang”. Menurut sejarahnya senam pada jaman dulunya memang dilakukan dengan telanjang dan wanita tidak diperbolehkan melihat, senam dilakukan dengan telanjang ini dimaksudkan untuk mendapatkan gerakan-gerakan yang maksimal tanpa ada pakaian yang mengganggu.
         Senam lantai atau senam ketangkasan  merupakan aktivitas jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Gerakan-gerakan senam lantai sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, seperti kekuatan dan daya otot, kelenturan juga keseimbangan dari seluruh bagian tubuh. Disamping itu senam juga berpotensi mengembangkan keteraturan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan tertentu suatu cabang olahraga.
         Konsep dasar senam lantai atau senam ketangkasan adalah suatu bentuk gerakan-gerakan tubuh yang direncanakan dan disusun secara teratur dengan tujuan untuk memperbaiki sikap dan bentuk badan, membina dan meningkatkan kesegaran jasmani, serta membentuk dan mengembangkan keterampilan serta kepribadian yang selaras. Dalam memahami definisi dan arti senam, kesulitan lainnya timbul manakala kita ingin membagi senam ke dalam jenis-jenisnya. Untuk lebih memudahkan penjenisan senam, alangkah baiknya kita ikuti pengelompokan senam yang dibuat oleh FIG (Federation International de Gymnestique) yang di Indonesiakan menjadi Federasi Senam Internasional.
        Menurut FIG, senam dibagi menjadi 6 kelompok yaitu:
          1.     Senam artistik (artistic gymsnastics)
          2.     Senam ritmik sport(sportive rytmic gymnastics)
          3.     Senam aerobic sport (sport aerobic)
          4.     Senam akrobotik (acrobatic gymbastics)
          5.     Senam trampolin (trampolinning)
          6.     Senam umum (general gymnastics)

 
Disiplin/nomor pada cabang olahraga senam yang sudah ada kepengurusannya di Indonesia terdiri atas:
          1.     Artistik putra
          2.     Artistik putri
          3.     Rithmic
          4.     Sport aerobic
          5.     General Gymnatics (non kompetensi)
          Peralatan tiap disiplin:
    1.   Artistik putra
                  a.       matras
                  b.       kuda-kuda pelana (pomel horse)
                  c.       gelang-gelang (still ring)
                  d.       meja lompat (vauting table)
                  e.       Palang sejajar (paralel bars)
                  f.        Palang tunggal (singgle bars)  
           2.    Artistik Putri
                  a.       Meja lompat (vouting table)
                  b.       Palang bertingkat (uneven Paralel bars)
                  c.       Balok keseimbangan (balance beam)
                  d.       Matras


           3.    Ritmik
                  a.       Hoopes (simpai)
                  b.       Bola
                  c.       Galah
                  d.       Pita
                  e.       Matras
                  f.        Musik
           4.    Sport Aerobic
                  a.       Panggung (Stage)
                  b.       Musik
           5.    General Gymnastic
                  a.       Musik tanpa alat secara masal
                  b.       Musik dengan alat secara masal         

Senam dapat dibedakan dari olahraga yang lainnya oleh seperangkat pola
gerak dominannya yang unik. Kesemua pola gerak dominannya itu adalah
1.             Pendaratan.(landing)
2.             Posisi Statis (static position)
3.             Gerak berpindah tempat (lokomotor)
4.             Ayunan (swings)
5.             Putaran (rotation)
6.             Tolakan (spring)
7.             Layangan dan ketinggian (flight and height)

         Dalam praktek pelaksanaan di lapangan aspek senam ini tidak dapat dilaksanakan dengan maksimal, ada beberapa faktor yang menyebabkannya antara lain faktor sarana, misalnya tidak tersedianya matras atau lokasi yang nyaman untuk pembelajaran, kondisi daerah, karena ada daerah yang masih menganggap bahwa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya aspek Senam masih sangat tabu atau tidak etis untuk dilakukan, selain itu ternyata dalam praktek dilapangan masih banyak guru yang tidak melaksanankan aspek ini dengan alasan yang bermacam-macam, misalnya ketidakmampuan guru dalam hal ini seorang guru tidak ada kompetensi dalam memberikan materi ini, selain itu faktor siswa juga menjadi alasan seorang Guru pendidikan Jasmani tidak adanya motivasi, karena takut dan lain-lain .

         Guru Pendidkan Jasmani dituntut untuk bisa berkreasi dan kreatif untuk menyiasati dan mencari solusi dalam rangka praktek dilapangan, sehinga kendala-kendala seperti diatas bisa diatasi, karena tidak semua pokok bahasan dalam aspek Senam harus dilakukan dengan mengunakan media matras, misalnya bisa dilakukan di lapangan rumput, ataupun memodifikasi alat untuk dipakai dalam proses pembelajaran. Selain bisa berkreasi dan kreatif tentunya faktor kompetensi seorang Guru Pendidikan Jasmani juga sangat penting untuk ditingkatkan.

            Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi guru PJOK terutama dalam membelajarkan aktivitas senam adalah dengan mengikuti pelatihan. Berikut ini akan dibahas cara membelajarkan teknik dasar untuk materi senam berguling

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive