Wednesday, November 21, 2018

Kebutuhan Air untuk Manusia


Menurut Kodoatie, 2005. Kebutuhan air yang dimaksud adalah kebutuhan air yang digunakan untuk menunjang segala kegiatan manusia, meliputi air bersih domestik dan non domestik, air irigasi bak pertanian maupun perikanan. Kebutuhan air untuk manusia adalah sebagai berikut.
a.       Untuk keperluan domestik yaitu pemanfaatan air rumah tangga
b.      Untuk keperluan komersil dan industri, yaitu untuk; hotel, restouran, pabrik, dan sebagainya.
c.       Untuk keperluan pariwisata atau agrowisata
d.      Kebutuhan air untuk pertanian
e.       Untuk keperluan umum (publik) yaitu antara lain; kantor-kantor, tempat-tempat umum dan peribadatan dan sebagainya.
a.      Kebutuhan Air untuk Rumah Tangga
Kebutuhan dasar air bersih adalah jumlah air bersih murni yang perlu disediakan agar manusia dapat hidup secara layak yaitu dapat memperoleh air yang diperlukan untuk melakukan aktivitas dasar sehari-hari. Menurut Kodoatie 2005, Standar kebutuhan air untuk setiap orang perhari yaitu 125-140 liter. Adapun kebutuhan manusia akan air bersih untuk keperluan sehari-hari atau sering disebut dengan kebutuhan primer yang tercantum pada Tabel 4.
Tabel 4
Kebutuhan Dasar Air Bersih Berdasarkan Kuantitas
No
Jenis Kebutuhan Air
Jumlah Liter/Orang/Hari
1
Mandi 2 x
60 – 90
2
Masak
15 – 30
3
Minum
5  - 10
4
Cuci Pakaian
35 – 50
5
Kebutuhan lain-lain
10 – 25
(Sumber: Surbakti, 1987 dalam Kodoatie 2005: 255)
Kebutuhan lainnya dapat disebut kebutuhan sekunder seperti membersihkan lantai, menyiram tanaman, mencuci mobil dll. Saat ini kebutuhan air masyarakat kota diperkirakan mencapai 200 lt/hari (http://www.inawater.com/news-BeritaKAI). Kebutuhan manusia akan sumber daya air sangat nyata bila dikaitkan dengan pertumbuhan penduduk, kebutuhan pangan atau peningkatan industrialisasi dan perlindungan ekosistem terhadap teknologi.
b.      Kebutuhan Air untuk Fasilitas Umum
Kebutuhan air untuk fasilitas umum dan sosial diperlukan untuk kehidupan masyarakat, karena fasilitas umum merupakan salah satu hal yang berkaitan erat dengan kegiatan manusia. Hal tersebut diatur dalam ketetapan WHO, seperti disajikan dalam Tabel 5.
Tabel 5
Kebutuhan Air untuk Fasilitas Umum dan Sosial
No
Fasilitas Umum /Sosial
Kebutuhan Air
1.
Puskesmas
5lt/pasen rawat jalan
2.
Sekolah
2 lt / siswa
3.
Tempat ibadah
5 lt / pengujung
4.
Rumah Sakit
220lt / tempat tidur
5.
Kantor
30 lt / staf
6.
Musium
5lt / unit / hari
7.
Pasar
25 lt / unit / hari
(Sumber: WHO dalam laporan akhir Badan Perencanaan Pembangunan Daerah 2006)


Berdasarkan Tabel 5, dapat diketahui bahwa jumlah kebutuhan air tergantung pada besar kecilnya fasilitas umum atau sosial dan aktivitas yang terdapat di dalamnya. Kebutuhan air bagi masyarakat Desa Sumurugul antara lain digunakan untuk fasilitas sosial dan umum meliputi kebutuhan air untuk kantor desa, sekolahan (PAUD, TK, SD), Puskesmas, tempat ibadah (masjid, mushola dan  langgar ). 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive