Wednesday, November 21, 2018

Menulis

   
1 Definisi Menulis
            Ada banyak pakar yang memberikan pandangan tentang pengertian menulis. Rojak (1976:15), mendefinisikan menulis sebagai “penggunaan lambang-lambang bahasa untuk melukiskan ide, pikiran, gagasan, dan sebagainya.” Pendapat senada dikemukakan oleh Tarigan (1992:21) berikut :
            Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang grafik itu …..menulis merupakan representasi bagian dari kesatuan-kesatuan ekspresi bahasa.

Miharja (1985:2) mengemukakan bahwa menulis adalah “berkomunikasi mengungkapkan pikiran, perasaan dan kehendak kepada orang lain secara tertulis”.
Dari uraian di atas, dapat penulis kemukakan bahwa menulis merupakan kegiatan mengkomunikasikan sesuatu (pikiran, perasaan, khayalan, kehendak) kepada orang lain dalam bahasa tulis dengan menggunakan secara konvensional tanda atau lambang bahasa.


2.        Fungsi Menulis
Tarigan (1992:22) mengemukakan bahwa “Pada prinsipnya fungsi utama menulis adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung”. Hal senada dikemukakan oleh Rusyana sebagai berikut :
Kegunaan menulis setidak-tidaknya sebagai wahana untuk mencatat sesuatu agar tidak dilupakan, mencatat pikiran-pikiran, mencatat renungan-renungan dan gagasan, menyampaikan gagasan (1988:1).


3        Tujuan Menulis
Semi (1995:16-23) menyampaikan lima tujuan menulis yaitu :
1)        Untuk menentukan sesuatu
2)        Memberikan petunjuk atau pengarahan
3)        Menjelaskan sesuatu
4)        Untuk meyakinkan
5)        Untuk merangkum
Sementara itu Tarigan (1992:23) mengemukakan empat tujuan menulis yaitu :
1)        Untuk memberitahukan atau mengajar
2)        Meyakinkan atau mendesak
3)        Untuk menghibur atau menyenangkan
4)        Untuk mengutarakan atau mengekspresikan perasaan emosi.
Dari beberapa pendapat di atas dapat penulis kemukakan bahwa tujuan utama menulis adalah untuk  mengkomunikasikan sesuatu agar pembaca memahami isi dan maksud penulis.
 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive