Wednesday, November 21, 2018

Hubungan Metode Bercerita Dalam Upaya Motivasi Kemampuan Berbahasa


Metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK dengan membuatkan cerita kepada anak secara lisan. Cerita yang dibuatkan guru harus menarik dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan.
Dunia kehidupan anak itu penuh suka cita maka kegiatan bercerita harus diusahakan dapat memberikan perasaan gembira, lucu dan mengasikkan serta menjadi pengalaman bagi anak Tk yang bersifat unik dan menarik. Kemudian yang menggetarkan perasaan anak dan memotivasi untuk mengikuti cerita itu sampai tuntas.
Motivasi diartikan sebagai daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.
Motivasi merupakan daya penggerak dari dalamm diri subjek untuk melakukan aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan.
Berdasarkan keterangan diatas maka metode dan motivasi saling berhubungan, karena metode adalah suatu teknik atau cara guru dalam memberikan proses belajar mengajar, sedangkan motivasi adalah usaha guru dalam memberikan dorongan-dorongan agar anak mau melaksanakan kegiatan-kegiatan yang diberikan oleh guru. Sehingga anak tersebut menjadi meningkat dari kemampuan pengetahuan keterampilan dan sikap.
Khususnya kemampuan berbahasa anak akan termotivasi untuk mengembangkan kemapuan berbahasa karena metode bercerita di taman kanak-kanak sangatlah disenangi oleh anak.
Anak akan termotivasi untuk mengembangkan imajinasi karena ada rangsangan dorongan dari luar. Dan anak akan termotivasi untuk semangat belajar karena ada alat peraga yang menarik untuk mengembangkan kemampuan berbahasa.
Dengan metode bercerita anak akan melatih daya tangkap untuk mengembangkan pengetahuan dan sikapnya dalam kemampuan berbahasa.
Dalam usaha ini tugas guru ialah memotivasi anak untuk belajar seraya bermain demi tercapainya tujuan yang diharapkan dan sebagai guru Tk haruslah kreatif, inovatif dan imajinasi untuk memotivasi anak agar berusaha mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan program yang telah ditentukan. Dengan adanya hubungan yang jelas pada motivasi dalam penggunaan metode bercerita maka kemampuan berbahasa menjadi tujuan agar anak didik mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Oleh karena itu berkomunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan bersosialisasi dengan orang lain.          


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive