Dalam pemilihan gambar yang baik
untuk kegiatan pengajaran terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan
antara lain:
a.
Keaslian gambar. Gambar menunjukkan situasi yang
sebenarnya, seperti melihat keadaan atau benda yang sesungguhnya. Kekeliruan
dalam hal ini akan memberikan pengaruh yang tak diharapkan gambar yang palsu
dikatakan asli.
b.
Kesederhanaan. Gambar itu sederhana dalam warna,
menimbulkan kesan tertentu, mempunyai nilai estetis secara murni dan mengandung
nilai praktis. Jangan sampai peserta didik menjadi bingung dan tidak tertarik
pada gambar.
c.
Bentuk item. Hendaknya si pengamat dapat memperoleh
tanggapan yang tetap tentang obyek-obyek dalam gambar.
d.
Perbuatan. Gambar hendaknya hal sedang melakukan
perbuatan. Peserta didik akan lebih tertarik dan akan lebih memahami
gambar-gambar yang sedang bergerak.
e.
Fotografi. Peserta didik dapat lebih tertarik kepada
gambar yang nilai fotografinya rendah, yang dikerjakan secara tidak profesional seperti
terlalu terang atau gelap. Gambar yang bagus
belum tentu menarik dan efektif bagi pengajaran.
f.
Artistik. Segi artistik pada umumnya dapat
mempengaruhi nilai gambar. Penggunaan gambar tentu saja disesuaikan dengan tujuan
yang hendak dicapai
Kriteria-kriteria memilih gambar
seperti yang telah dikemukakan di atas juga berfungsi untuk menilai apakah
suatu gambar efektif atau tidak untuk digunakan dalam pengajaran. Gambar yang
tidak memenuhi kriteria tidak dapat digunakan sebagai media dalam mengajar.
No comments:
Post a Comment