RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 3 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku / Panca Indra (mata)
KD : 1. 1 – 1. 2–2 .5–3 .1 – 4.1 – 3. 11 – 14. 11 – 3 .12 – 4 .12 – 3
.14 – 4 .14
Materi : -
Mata Ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri sendiri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Menyanyi
lagu panca indra
-
Pengenalan
expresi wajah
-
Menggerakkan
jari – jari tangan
-
Hobyku
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak
- Pensil
- Karton , gunting
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menyanyi lagu
panca indra
6. Berdiskusi
tentang cara merawat mata
7. Bermain petak
umpet
8. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar mata secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar apakah
yang kamu lihat ?
Ada
berapa gambar mata tersebut ?
Ada
gambar apa lagi selain mata ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai mata
- Guru
memberikan pertanyaan tentang cara merawat mata.
· Apa
kegunaan mata ?
· Apa
yang terjadi apabila tidak memiliki mata?
· Ada
berapa mata setiap anak ?
· Bagaimana
cara merawat mata?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kembali fungsi dan kegunaan maat
- Anak dapat menebali
gambar kaca mata
- Anak
dapat memasangkan gambar sesuai pasangannya
- Anak
dapat membuat topeng kaca mata dengan karton
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang
perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna mata
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara merawat mata
|
|
|
|
|
|
Dapat
melengkapi gambar kaca mata
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat topeng kaca mata dari karton
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung jumlah mata
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment