RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 2 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku/Tubuhku (anggota tubuh)
KD : 1.1 – 1.2 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3– 3.12 -14.12.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
anggota tubuh
-
Menyanyi
lagu
-
Anggota
tubuhku
-
Nama-nama
anggota tubuh
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Pensil, kertas
- Bola
- Kepingan geometri
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan
bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar bagian-bagian anggota tubuh secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar
apa saja yang kamu lihat ?
Mana
yang gambar tangan ?
Mana
yang gambar kaki ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai bagian-bagian anggota tubuh.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang bagian-bagian anggota tubuh.
· Apa
nama gambar ini?
· Mana
yang gambar tangan?
· Ada
berapa gambar kaki?
· Ada
berapa gambar kepala?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kembali bagian anggota tubuh
- Anak dapat menebali
huruf nama-nama anggota tubuh
- Anak
dapat mengurutkan bilangan dengan benda-benda
- Anak
dapat menyusun kepingan geometri menjadi orang
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Menyebutkan
anggota tubuhnya
|
|
|
|
|
Menuliskan
nama-nama anggota tubuh
|
|
|
|
|
|
Menggunakan
bilangan dengan benar
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Membuat
bentuk orang dengan kepingan geometri
|
|
|
|
|
Dapat
berjalan di atas papan titian
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment