RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/ Hari ke : I / 1 / 4
Hari
/tgl : ………………
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku /Identitas Diri (Usia)
KD : 1.1 – 1.2 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12
-14.12 -3.14 -4.14
Materi : - Aku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri sendiri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Fungsi
identitas diri
-
Pengenalan
expresi wajah
-
Hobyku
-
Menggerakkan
jari-jari tangan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Kue
ulang tahun kecil
-
Pensil,buku tulis
- Benda-benda
Karakter : Toleransi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan,
mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media
untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan
sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera)
alat, bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Angka
berapa pada gambar itu ?
Anak
laki-laki usia berapa ?
Anak
perempuan usia berapa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai usia anak laki-laki dan perempuan.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
· Berapa
usia anak laki-laki itu?
· Berapa
usia anak perempuan itu ?
·
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menghiasi kue ulang tahun
- Anak dapat bercerita
tentang kata ganti aku
- Anak
dapat memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya
- Meniru
menulis angka sesuai usia anak
|
C. RECALLING:
1.
Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Berani
tampil di depan temannya
|
|
|
|
|
Menyebutkan
usia anak
|
|
|
|
|
|
Dapat
memberi dan membalas salam
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
memasangkan gambar sesuai pasangannya
|
|
|
|
|
Dapat
menghiasi kue ulang tahun
|
|
|
|
|
|
Dapat
menulis angka sesuai usianya sendiri
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment