RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 4 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Keluarga
KD : 1. 1 – 2. 1 – 2 .3. – 2 . 9 – 3 .1 – 4. 1 – 3
. 6 – 4 . 6 – 3 . 7 – 4 . 7 – 3 .15 –.4. 15
Materi : -
Menjaga dan melestarikan lingkungan ciptaan Tuhan
-
Kebersihan
lingkungan
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Gotong
royong / tolong menolong
-
Menyanyi
lagu Kasih Ibu
-
Pengenalan
konsep bilangan
-
Pengenalan
nama anggota keluarga
-
Gerakan
senam
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anggota keluarga
- Gambar selendang ibu
- Gambar / benda- benda
- Krayon
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang anggota keluarga
3. Berdiskusi
tentang menjaga kebersihan lingkungan (keluarga)
4. Berdiskusi
tentang gotongroyong membersihkan rumah
4. Menyanyi lagu
kasih ibu
5. Senam
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar ibu secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
siapakah itu ?
Yang
sebelah kanan gambar siapa ?
Yang
sebelah kiri gambar siapa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai ibu.
- Guru memberikan
pertanyaan hal yang berkaitan dengan ibu
· Siapa
nama ibumu?
· Apa
kesukaan ibumu?
· Apakah
ibumu ada di rumah?
· Apakah
ibumu bekerja ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kembali nama ibunya masing-masing
- Anak dapat membuat
selendang untuk ibu
- Anak
dapat mengelompokkan gambar/benda yang biasa dipakai ibu
- Anak
dapat mengurutkan bilangan
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
kasih sayang orang tua
|
||||
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
||||
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan anggota keluarga (nama ibu)
|
||||
Dapat
menyanyi lagu kasih Ibu
|
|||||
Dapat
mengurutkan bilangan dengan benar
|
|||||
Keterampilan
|
Dapat
mewarnai gambar dengan rapi
|
||||
Dapat
melakukan gerakan senam
|
|||||
Dapat
mengelompokkan benda-benda yang biasa dipakai ibu
|
No comments:
Post a Comment