Wednesday, December 4, 2019

RPPH SAINTIFIK (5M) KEL B Hari ke-3

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
 


Semester/Minggu ke /Hari ke  :   I / 1 / 3
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Diriku/Identitas Diri (Mengurus diri sendiri)
KD                                  :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.2 – 4.2 – 3.3 -4.3– 3.12- 4.12 – 3.14 -4.13.
Materi                              :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan diri
-          Berani tampil di depan umum
-          Memberi dan membalas salam
-          Fungsi identitas diri
-          Hobyku
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
                                           -   Gambar
                                           -   Gunting
                                           -   Pensil
Karakter                          :  Peduli Sosial, Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.   Penerapan SOP pembukaan
2.   Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.    Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.    Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.    Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-       Anak mengamati gambar mainan-mainan secara bergantian
Menanya
-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-    Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah saja gambar mainan tersebut ?
Mainan apa yang paling disukai ?
Apa yang dilakukan sebelum sekolah?
Menalar / menggali informasi
-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya cara mengurus diri sendiri.
-    Guru memberikan pertanyaan tentang kegiatan yang dilakukan sebelum sekolah.
·    Apa yang dilakukan sebelum berangkat ke sekolah?
·    Mainan apa yang paling disukai?
·    Ada berapa mainan dari gambar itu?·
Menyimpulkan
-    Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-    Anak dapat menggunting gambar mainan kesukaan
Anak dapat membuat urutan bilangan pada gambar mainan kesukaan
-    Menyanyikan lagu “mandi”

C. RECALLING:
1.      Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.      Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.      Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Berani tampil di depan temannya




Menyebutkan identitas diri dengan lengkap




Dapat memberi dan membalas salam yang baik




Keterampilan
Dapat menggunting gambar dengan rapi




Dapat menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar




Dapat membuat urutan bilangan dengan benar






No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive