RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 3 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku / Panca Indra (telinga)
KD : 1. 1 – 2. 5 – 2 .8 – 2 .12. – 3 . 1 – 4.1 – 3
. 3 – 3 . 11 – 14. 11 – 3 .12 –
4 .12 – 3 .14 –. 4 . 14.
Materi : -
Telingaku Ciptaan Tuhan
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mengurus
diri sendiri
-
Memohon
dan memberi maaf
-
Menyanyi
lagu panca indra
-
Macam-macam
suara
-
Menggerakkan
jari – jari tangan
-
Hobyku
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak
- Terompet
- Kertas , lem , gunting
-
Pensil
Karakter : Bersahabat
komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi
tentang cara menjaga telinga
6. Bermain bisik berantai
7. Mendengarkan
teman yang memohon maaf
8. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar telinga secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apakah yang kamu lihat ?
Apa
kegunaan telinga bagi kita ?
Bagaimana
cara merawat telinga ?
Ada
berapa gambar telinga tersebut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai telinga.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang fungsi dan kegunaan telinga.
· Apa
fungsi telinga?
· Telinga
dapat mendengar apa saja?
· Apakah
telinga dapat mendengar suara terompet?
· Apa
yang terjadi jika mendengar suara yang keras?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengelompokkan gambar benda bersuara nyaring
- Anak dapat membuat
terompet dari kertas
- Anak
dapat menebali huruf dibawah gambar terompet
- Bermain
terompet
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan
yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna telinga
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara merawat telinga
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan macam-macam suara
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk terompet dari kertas
|
|
|
|
|
Dapat
menebali huruf di bawah gambar terompet
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment