Tuesday, December 24, 2019

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) SAINTIFIK KEL A MINGGU 3.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 3 / 3
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Diriku / Panca Indra (telinga)
KD                                  :  1. 1 – 2. 5 – 2 .8 – 2 .12. – 3 . 1 – 4.1 – 3 . 3 – 3 . 11 – 14. 11 – 3 .12 –
                                           4 .12 – 3 .14 –. 4 . 14.          
Materi                              :   -      Telingaku Ciptaan Tuhan
-          Berani tampil di depan umum
-          Mengurus diri sendiri
-          Memohon dan memberi maaf
-          Menyanyi lagu panca indra
-          Macam-macam suara
-          Menggerakkan jari – jari tangan
-          Hobyku

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar anak
                                           -  Terompet
                                           -  Kertas , lem , gunting
                                           -  Pensil
Karakter                          : Bersahabat komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi tentang cara menjaga telinga
6. Bermain  bisik berantai
7. Mendengarkan teman yang memohon maaf
8. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar telinga secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kamu lihat ?
Apa kegunaan telinga bagi kita ?
Bagaimana cara merawat telinga ?
Ada berapa gambar telinga tersebut ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai telinga.
- Guru memberikan pertanyaan tentang fungsi dan kegunaan telinga.
· Apa fungsi telinga?
· Telinga dapat mendengar apa saja?
· Apakah telinga dapat mendengar suara terompet?
· Apa yang terjadi jika mendengar suara yang keras?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat mengelompokkan gambar benda bersuara nyaring
- Anak dapat membuat terompet dari kertas
- Anak dapat menebali huruf dibawah gambar terompet
- Bermain terompet




C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan guna telinga




Dapat menceritakan cara merawat telinga




Dapat membedakan macam-macam suara




Keterampilan
Dapat membuat bentuk terompet dari kertas




Dapat menebali huruf di bawah gambar terompet







No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive