RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 5 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Rumahku ( ruangan –ruangan )
KD : 1. 2 – 2. 3 – 2 .4 – 2 . 9 – 3 . 6 – 4 . 6 –
3 . 9 – 4 . 9 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Menjaga kelestarian lingkungan rumah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Penataan
ruang tamu
-
Gotong
royong membuat rumah
-
Konsep
bilangan
-
Pengenalan
ruangan – ruangan rumah
-
Gerakan
tari
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Balok - balok
- Buku gambar
- Kertas
- Pensil , krayon
Karakter : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang kelestarian lingkungan rumah
3. Bercerita
tentang penataan ruang tamu
4. Bergerak
bebas sesuai irama musik
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati rumah yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang rumah yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait yang diamati.
Ruangan
apa saja yang ada dalam rumah ?
Apa
fungsi ruangan dalam rumah ?
Dimana
ruangan kamu tidur ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai rumah.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang rumah yang ada di sekitar sekolah dengan
rumah anak.
· Bagaimana
bentuk rumah yang diamati?
· Apa
warna rumah kalian?
· Ada
berapa rumah yang didekat sekolah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan ruangan-ruangan yang ada di rumah
- Anak dapat melipat
kertas menjadi bentuk rumah
- Anak
dapat menjumlahkan gambar rumah
- Anak
dapat melengkapi kata di bawah gambar rumah
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
bahwa rumah adalah Karunia Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah
|
|
|
|
|
Dapat
melipat kertas menjadi bentuk rumah
|
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung hasil penjumlahan dengan benda-benda
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
melengkapi tulisan dibawah gambar
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menjaga kelestarian rumah
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment