RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 3 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku / Panca Indra (telinga)
KD : 1. 1 – 2. 5 – 2 .8 – 2 .12. – 3 . 1 – 4.1 – 3
. 3 – 3 . 11 – 14. 11 – 3 .12 –
4 .12 – 3 .14 –. 4 . 14.
Materi : -
Telingaku Ciptaan Tuhan
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mengurus
diri sendiri
-
Memohon
dan memberi maaf
-
Menyanyi
lagu panca indra
-
Macam-macam
suara
-
Menggerakkan
jari – jari tangan
-
Hobyku
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak
- Terompet
-
Kertas , lem , gunting
-
Pensil
Karakter : Bersahabat
komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi
tentang cara menjaga telinga
6. Bermain bisik berantai
7. Mendengarkan
teman yang memohon maaf
8. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar telinga secara
bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kamu lihat ?
Apa kegunaan telinga bagi kita ?
Bagaimana cara merawat telinga ?
Ada berapa gambar telinga tersebut ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai telinga.
- Guru memberikan pertanyaan tentang fungsi
dan kegunaan telinga.
· Apa fungsi telinga?
· Telinga dapat mendengar apa saja?
· Apakah telinga dapat mendengar suara
terompet?
· Apa yang terjadi jika mendengar suara yang
keras?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mengelompokkan gambar benda
bersuara nyaring
- Anak dapat membuat terompet dari
kertas
- Anak dapat menebali huruf dibawah gambar
terompet
- Bermain terompet
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang
perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna telinga
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara merawat telinga
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan macam-macam suara
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk terompet dari kertas
|
|
|
|
|
Dapat
menebali huruf di bawah gambar terompet
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment