RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 2 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6–
3.11 -14.11.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mengurus
diri sendiri
-
Anggota
tubuhku
-
Menyisir
rambut
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Sisir
- Kain perca, gambar pita
- Urutan pola
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera)
alat, bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar baju, rambut secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah
gambar tersebut ?
Pada
bagian atas kepala ada apa ?
Apa
yang harus dilakukan pada rambut ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai bagian kepala.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
· Apa
ciri-ciri anak laki-laki?
· Apa
ciri anak perempuan?
· Ada
berapa anak laki-laki di kelas ini?
· Ada
berapa anak perempuan di kelas ini?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat membuat kolase gambar baju dengan kain perca
- Anak dapat menghubungkan
gambar dengan tulisan
- Anak
dapat meneruskan pola bentuk : pita, bando
Anak
dapat menyisir sendiri rambut sendiri
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
|
|
|
|
|
Dapat
menyisir rambutnya sendiri
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat gambar dengan teknik kolase
|
|
|
|
|
Dapat
meneruskan pola sesuai gambar
|
|
|
|
|
|
Dapat
menghubungkan gambar dengan tulisan
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment