Wednesday, December 4, 2019

RPPH SAINTIFIK (5M) KEL B Hari ke-5

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 


Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 1 / 5
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Diriku /Identitas diri (alamat)
KD                                  :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi                              :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan diri
-          Berani tampil di depan umum
-          Fungsi identitas diri
-          Pengenalan expresi wajah
-          Hobyku
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Pensil, kertas, gunting
                                           -  Buku gambar
                                           -  Kursi
Karakter                          :  Peduli Sosial
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.   Penerapan SOP pembukaan
2.   Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.    Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.    Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.    Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-       Anak mengamati gambar jalan menuju sekolah
Menanya
-       Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-       Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah bentuk gambar tersebut ?
Apa nama alamat rumahmu ?
Dimana alamat rumahmu ?
Menalar / menggali informasi
-       Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai alamat rumah.
-       Guru memberikan pertanyaan tentang alamat rumah.
·      Dimana alamat rumahmu?
·      Di daerah mana rumahmu?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-       Anak dapat menyebutkan kembali alamat rumahnya
-       Anak dapat membuat kartu nama
-       Anak dapat meniru bentuk huruf

C. RECALLING:
1.      Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.      Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.      Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
                     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Berani tampil menyebutkan alamat rumahnya di depan temannya




Menyebutkan alamat rumah dengan lengkap




Dapat menyebutkan huruf vokal




Keterampilan
Dapat membuat coretan jalan dari rumah menuju sekolah




Dapat membuat bentuk kartu nama alamat rumah




Dapat melompat dari kursi






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive