RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 1 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku /Identitas diri (alamat)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11–
3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menjaga
kebersihan diri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Fungsi
identitas diri
-
Pengenalan
expresi wajah
-
Hobyku
-
Menggerakkan
jari-jari tangan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Pensil,
kertas, gunting
- Buku gambar
-
Kursi
Karakter : Peduli Sosial
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan,
mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media
untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan
sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera)
alat, bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan
yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar jalan menuju sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah bentuk gambar tersebut ?
Apa nama alamat rumahmu ?
Dimana alamat rumahmu ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai alamat rumah.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang alamat rumah.
· Dimana
alamat rumahmu?
· Di daerah
mana rumahmu?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kembali alamat rumahnya
- Anak dapat membuat
kartu nama
- Anak
dapat meniru bentuk huruf
|
C. RECALLING:
1.
Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila
ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Berani
tampil menyebutkan alamat rumahnya di depan temannya
|
|
|
|
|
Menyebutkan
alamat rumah dengan lengkap
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan huruf vokal
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat coretan jalan dari rumah menuju sekolah
|
|
|
|
|
Dapat
membuat bentuk kartu nama alamat rumah
|
|
|
|
|
|
Dapat
melompat dari kursi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment