RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 4 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Keluarga
KD : 2. 4 – 2. 3 – 2 .10 – 2 . 14 – 3 .2 – 4. 2 –
3 . 9 – 4 . 9.
Materi : -
Penataan lingkungan keluarga
-
Mau
bermain dengan teman
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Memperhatikan
orang tua bicara
-
Bersikap
sopan pada orang tua
-
Pengenalan
alat – alat rumah tangga
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Dakon
- Gambar koper
- Alat cocok
- Krayon, pensil
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang bicara sopan pada ayah & ibu
3. Berdiskusi
tentang mau bermain dengan teman di rumah
4. Becerita
tentang membersihkan rumah
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar ayah dan ibu secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
siapa saja ini ?
Yang
sebelah kanan gambar siapa ?
Yang
sebelah kiri gambar siapa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai ayah dan ibu.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perbedaan tugas ayah dan ibu.
· Apa
ciri-ciri gambar ayah?
· Apa
ciri-ciri gambar ibu ?
· Mana
yang termasuk barang milik ayah?
· Mana
yang termasuk barang milik ibu?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menggambar sesuai angka yang tersedia
- Anak dapat mencocok
gambar koper ayah
- Anak
dapat memberi tanda pada perbuatan benar dan salah
- Bermain
dakon
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
kasih sayang orang tua
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
bermain bersama teman
|
|
|
|
|
Dapat
mencocok gambar dengan rapi
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan perbuatan benar dan salah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menggambar sesuai angka
|
|
|
|
|
Dapat
bercerita tentang membantu membersihkan rumah
|
|
|
|
|
|
Dapat
bicara sopan dengan ayah dan ibu
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment